Dewas Dukung Dirut Marjeni Audit Perusda Rohul Jaya

411

PASIRPENGARAIAN – Usai resmi dilantik oleh Bupati Rokan Hulu, dua anggota Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah (Perusda) Rokan Hulu Jaya, ingin bergerak cepat membenahi unit bisnis milik pemerintah daerah tersebut.

Pelantikan Imran Tambusai, SE, MM dan Alfirdaus, S.Sos sebagai Dewan Pengawas Perusda Rohul Jaya, bersamaan dengan pelantikan Direktur Utama, Marjeni, SE, Jumat (29/11/2019) siang, di ruang pertemuan kantor bupati.

Terpilihnya Marjeni, Imran Tambusai, dan Alfirdaus, dilakukan lewat serangkaian uji kelayakan dan kepatutan oleh panitia seleksi yang diketuai  Sekda Rohul, H Abdul Haris S.Sos MSi. Proses seleksi sendiri memerlukan waktu sekitar lima bulan.

Imran Tambusai mengatakan, sependapat dengan sentilan Bupati Sukiman saat sambutan resmi di acara pelantikan, bahwa sejak didirikan pada 22 Juli 2002, Perusda Rohul Jaya, keberadaannya antara ada dan tiada.

Untuk itu, diperlukan upaya cepat dan serius agar Perusda kembali ke jalur bisnis yang sebenarnya.

“Kita harus bergerak cepat dan bersih-bersih di internal Perusda sesuai perintah bapak bupati. Kami selaku dewan pengawas mendukung penuh langkah Dirut Pak Marjeni untuk segera melakukan audit total terhadap perusda. Audit akan melibatkan lembaga resmi yang independen,” tegas Imran kepada Riausmart.com.

Di tempat yang sama, dewan pengawas, Alfirdaus mengatakan, rencana audit terhadap Perusda Rohul Jaya, tidak dimaksudkan untuk mencari-cari kesalahan pihak pengelola terdahulu.

“Sebenarnya audit merupakan hal biasa yang lumrah dilakukan secara berkala oleh setiap usaha bisnis. Khusus bagi Perusda Rohul Jaya, bisa saja nanti audit akan dimaknai secara politis oleh pihak-pihak tertentu. Padahal, tujuan awal pendirian Perusda adalah untuk kegiatan ekonomi, bukan yang lain,” ujarnya.