Paska Banjir, Babinsa Koramil 10 Kunto Ajak Warga Kerja Bakti

28

PASIRPENGARAIAN – Pasca banjir di Desa Teluk Sono, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (2/12/2019) Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam ajak masyarakat setempat untuk kerja bakti.

Masyarakat Toluk Sono bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR terlihat bahu membahu melaksanakan kerja bakti membersihkan saluran air.

“Saluran air kita dibersihkan dari sampah yang hanyut dibawa arus air, agar aliran air bisa berjalan lancar, terutama saat memasuki musim hujan,” Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam, Sertu Julhamdi, Selasa (3/12/2019).

Sertu Julhamdi sengaja mengajak masyarakat setempat untuk melakukan pembersihan saluran air, supaya air tetap mengalir sehingga air tersebut tidak lama di lingkungan masyarakat.

“Sengaja saya mengajak warga untuk melaksanakan pemberihan saluran air yang ada di Desa Teluk Sono itu, agar kotoran dan sampahnya tidak menyumbat saluran air,” ucapnya.

Julhamdi mengatakan, kegiatan membersihkan lingkungan ini akan terus digalakkan dan masyarakat Desa Toluk Sono sangat antusias mengikuti kerja bakti itu.

“Alhamdulillah antusias warga sangat baik, untuk turun dalam pelaksanaan kegiatan kerja bakti ini,” jelasnya.

Menurut Julhamdi, penyebab banjir tahunan itu, dimana Kecamatan Bonai merupakan daerah pertemuan 3 Sungai Besar di Rohul masing-masing Sungai Batang Lubuh, Sungai Rokan Kiri dan Sungai Sosah.

“Desa Teluk Sono, yang berada di Kecamatan Bonai merupakan daerah pertemuan 3 Sungai Besar di Rohul. Masing-masing Sungai Batang Lubuh, Sungai Rokan Kiri dan Sungai Sosah,” paparnya.

Lanjutnya, meski tak ada korban jiwa, kejadian tersebut sempat menyebabkan terganggunya aktifitas warga seperti biasanya. Dimana masyarakat setempat mayoritas usahanya perkebunan.