Sungai Meluap Akibat Hujan Deras, Pawan Rohul Kembali Banjir

62
Suasana Banjir di Pawan, Rokan Hulu
Suasana Banjir di Pawan, Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Ratusan rumah warga di Desa Rambah Tengah Hulu atau yang biasa dikenal Pawan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (3/12/2019) kembali mengalami kebanjiran.

Pasca hujan deras yang menimpa wilayah Kabupaten Rokan Hulu dari semalaman hingga pagi hari ini debet air sungai Pawan meningkat. Ruas jalan didesa tersebut tergenang dengan air. Kini warga tak bisa beraktivitas seperti biasa.

Salah seorang warga Pawan, Reni (25) mengetakan, bahwa banjir ini akibat hujan deras mengguyur Kabupaten Rokan Hulu sejak Senin (2/12/2019) malam hingga Selasa (3/12/2019) pagi membuat debet air sungai meningkat, hingga Desa Pawan kembali banjir.

“Desa ini sering banjir karena sungai yang meluap. Kami berharap sungai ini diperbaiki biar kita tidak kebanjiran terus,” ujarnya.

Lanjutnya, genangan air rata-rata di pemukiman warga ini sekitar 20 cm dan Air juga masuk ke rumah warga. Warga yang rumahnya kebanjiran terpaksa mengevakuasi harta bendanya ke tempat lebih aman atau lebih tinggi lagi.

“Hujan deras yang terjadi semalam membuat Sungai Pawan meluap. Sekitar subuh tadi air mulai naik ke pemukiman warga,” jelasnya.

Meski sekarang ini tengah banjit, kata Reni, masyarakat Pawan tetap menempati rumahnya dan tidak ada yang pindah dari Pawan.