Bawaslu Rohul Umumkan Ratusan Calon Panwascam yang Lulus Administrasi

399
Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Pilkada Rohul, Gummer Siregar
Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Pilkada Rohul, Gummer Siregar

PASIRPENGARAIAN – Dari 271 berkas pendaftaran yang masuk ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), 257 pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi. Sementara 14 lainnya dinyatakan tidak lulus karena belum berusia 25 tahun sesuai yang disyaratkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggara Pemilu.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Pilkada Rohul, Gumer Siregar mengatakan, ke-257 nama yang lulus seleksi Administrasi akan diumumkan ke publik melalui website Bawaslu Rohul, media sosial dan papan pengumuman Bawaslu serta kantor kecamatan.

“Kita meminta partisipasi masyarakat untuk memberikan tanggapan kepada 257 nama yang lulus seleksi administrasi terkait trade record, integritas dan apakah nama-nama yang lulus ini pernah menjadi tim kampanye atau tim sukses parpol atau Pilkada dalam rentang waktu 5 tahun ke belakang,” cakap Gumer Siregar kepada CAKAPLAH.COM, Rabu (11/12/2019).

Komisioner Bawaslu Rohul yang juga Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Pilkada Rohul, Gumer Siregar mengatakan, Bawaslu Rohul telah menyelesaikan tahapan verifikasi berkas calon Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Rohul tahun 2020 mendatang.

Gummer yang Komisioner Bawaslu Rohul itu menjelaskan, ke 257 nama yang lulus seleksi Administrasi akan diumumkan ke publik melalui website Bawaslu Rohul, media sosial dan papan pengumuman Bawaslu serta kantor kecamatan.

“Kita meminta partisipasi masyarakat untuk memberikan tanggapan kepada 257 nama yang lulus seleksi administrasi terkait trade record, integritas dan apakah nama-nama yang lulus ini pernah menjadi tim kampanye atau tim sukses parpol atau Pilkada dalam rentang waktu 5 tahun ke belakang,” tutur Gummer kepada wartawan, Rabu (11/12/2019).

Tambahnya, masa sanggah akan diterima sebelum Bawaslu mengumumkan nama-nama yang lulus tes tertulis online dengan aplikasi Scorative dan wawancara. Jika ada masyarakat yang mengetahui rekam jejak nama-nama calon Panwascam yang lulus seleksi administrasi dapat menyampaikan laporan ke Website Bawaslu Rohul dan ke Whatsaap 08527142349.

“Jika nantinya ada masyarakat yang mengetahui trade record dan menilai nama-nama yang lulus tidak layak menjadi anggota Panwascam seperti pernah menjadi tim sukses atau tim kampanye dalam 5 tahun ke belakang, segera laporkan ke kami, dan kami pastikan identitas pelapor akan kami rahasiakan,” paparnya.

Dikatakannya, setelah tahapan seleksi administrasi, 257 pelamar yang lulus akan menjalani tes tertulis online dengan aplikasi Scorative yang dilakukan serentak oleh Bawaslu RI di daerah-daerah yang menggelar Pilkada Serentak.

“Tes tertulis online dan wawancara akan dilaksanakan di Kampus STAI Tuanku Tambusai pada 13-17 Desember 2019. Tes akan dilakukan selama 5 hari dengan 13 sesi tes,” jelasnya.

Hasil CAT Secorativ dapat diketahui Peserta setelah ujian selesai. Sementara, pengumuman 48 Panwascam terpilih dan 48 nama Pengganti Antar Waktu, baru akan diumumkan pada 18 Desember 2019.

“Kita rencanakan pelantikan 48 Panwascam akan dilaksanakan pada 20 atau 21 Desember. Namun yang jelas, rekrutmen Panwascam ini harus selesai di akhir Desember, mengingat padatnya tahapan Pilkada serentak seperti verifikasi faktual calon perseorangan dan pengawasan terhadap bupati petahana yang masuk pada bulan Januari 2020,” ucap Gumer.