Sungai Batang Kumu Tercemar, Ratusan Ikan “Mabuk”

866

TAMBUSAI – Ratusan bahkan ribuan ikan mabuk dan mati di Sungai Batang Kumu, Kecamatan Tambusai, diprediksi ikan mabuk akibat pencemaran limbah PKS yang berada di sekitar kawasan aliran Sungai Batang Kumu.

Air sungai Batang Kumu berubah kecoklatan disertai reaksi ikan-ikan mabuk, sehingga masyarakat banyak yang turun ke sungai untuk menangkap ikan. Minggu (12/ 01/ 2020).

Melihat kondisi ini, tokoh masyarakat Tambusai sekaligus Ketua LSM Rokan Hulu Bumi Lestari bidang Lingkungan Hidup Imran Tambusai SE.MM mengatakan Dinas Lingkingan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hulu diminta segera turun ke TKP untuk menginvestigasi penyebab pencemaran sungai  Batang Kumu tersebut.

Imran Tambusai berhara DLH Kabupaten Rohul harus memberi sangsi berat kapada PKS yang mencemari Lingkungan, bila perlu memberhentikan sementara operasional perusahaan, atau mencabut izin perusahaan tersebut.

“Tentunya ini akan memberikan efek jera kepada perusahaan terkait maupun perusahaan lain yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini”, Jelas Imran

Dalam waktu dekat Imran akan melaporkan masalah ini kepada Kementerian Lingkungan Hidup RI dan GAKUMDU LHK RI, agar kejadian ini tidak terulang kembali dimasa yang akan datang.

“Sehingga masyarakat yang sehari – hari menggantungkan hidupnya mencari nafkah di sepanjang aliran sungai dua Kecamatan ini tidak terganggu lagi,” pungkas Imran.

Imran menegaskan perusahaan dipersilakan berinvestasi di Rokan Hulu, tapi harus bisa memberi rasa nyaman kepada masyarakat sekitar dan menambah kegiatan perekonomian, bukan membuat resah dan persoalan baru, tambah tokoh Rokan Hulu itu.