Pemkab Rohul Akan Bangun Jalan Poros Desa Pasir Jaya

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  pada tahun ini akan membangun aspal Jalan Poros Desa Pasir Jaya, Kecamatan Rambah Hilir.

Pembangunan aspal itu sebagai kado terindah untuk masyarakat Pasir Jaya dari Pemkab Rohul pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Pasir Jaya ke-39. Pasalnya selama hampir 39 tahun sejak menjadi Desa Defenitif, Desa Pasir Jaya belum pernah merasakan jalan aspal.

Hal itu disampaikan Bupati Rohul, H Sukiman, Kamis (16/1/2020) ketika menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Pasir Jaya, Kecamatan Rambah Hilir ke 39.

Sukiman mengaku berkomitmen untuk merealisasikan harapan masyarakat untuk mengaspalkan jalan poros desa Pasir Jaya tersebut. Karena selama 39 tahun masyarakat tidak pernah menikmati jalan aspal.

“Akan kita kasih pada tahun ini, mudah-mudahan tidak terlalu lama prosesnya, nanti diperkirakan pada April sudah bisa lelang dan Mei sudah bisa dinikmati oleh masyarakat, terkait panjangnya aspal, kita sesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sukiman juga akan mengeluarkan 7000 sertifikat untuk seluruh Eks Transmigrasi. Selain itu menaikkan gaji Guru MDTA dari 200 ribu perbulan menjadi 400 ribu. Sementara Imam Mesjid dan Bilal 400 Ribu per bulan.

“Selain itu kita naikkan gaji Petugus Penyelenggaraan Jenazah 6 juta per kelompok/tahun, Insentif Kader Posyandu,  KBM dan KBMD 25ribu menjadi 100rb, Bantuan Operasional untuk RW sebelumnya 300 ribu naik jadi 400 ribu/bulan dan RT yang biasnya 270 ribu naik  menjadi 375 ribu,” papar mantan Dandim Inhil itu.

Puncak Peringatan HUT ke-39 Desa Pasir Jaya ditandai dengan kemeriahan Pawai Kebudayaan dan pemotongan tumpeng, yang dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Ketua DWP Rohul Hj Neti Haris, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos, Kadishub Andiyanto SH, Kaban Kesbangpol Rohul Musri S.Sos, Kadis DKPP Rohul Barikun, Kepala Desa Pasir Jaya Rofi Juliandra Nasution SIP,

Semnetara itu, Kepala Desa Pasir Jaya, Rofi Juliandra mengaku Desa Pasir Jaya sudah banyak mendapat Bantuan dari Pemkab Rohul, namun terkait pengaspalan jalan Poros Desa yang saat ini dalam proses pelelangan, ia akan terus berkoordinasi dengan Bupati  maupun instansi terkait.

“Meski demikian sudah banyak bantuan dari Pemkab, kemarin kita koordinasi untuk perbaikan jalan karena putus, Alhamdulillah sekarang sudah baik dan saya yakin 2020 ini kado terindah kita untuk Jalan poros Desa Pasir Jaya ini bakal diaspal,” jelasnya.

“39 tahun umur desa ini baru di zaman Bapak Sukiman baru bisa kita lihat ada perubahan. Saya selaku kepala desa menyampaikan kepada kita semua 2020 kita tidak akan berpaling, agar tetap melanjutkan kepemimpinan di 2020 yang akan datang,” katanya.

Rofi menambahkan, Jalan poros desa di sepanjang pinggir jalan panjangnya kurang lebih 2.5 KM. Ia berharap kepada Pemkab untuk mengaspal jalan poros tersebut. “Karena bulan 12 Kemarin saya sudah bertemu langsung dengan bapak Anton sudah menyerahkan 3 proposal yang pertama itu proposal pengaspalan, kedua itu proposal pengerasan jalan DK3 dan terakhir itu proposal pengairan yaitu normalisasi aliran sungai dan semoga terealisasi,” harapnya

Selain jalan, Rifi mengatakan pada tahun ini masyarakat mendapatkan 217 sertifikat tanah yang akan dikeluarkan pihak BPN. Dya juga mengaku, pada tahun ini akan mengajukan penambahan sertifikat kepada Bupati Rohul.

“Nanti kita mau mengajukan lagi penambahan penerbitan sertifikat itu, karena pengajuan sertifikat untuk daerah transmigrasi harus tandatangan dari pak Bupati,” ucapnya.