Inspektorat Rohul Akan Tingkatkan SDM Aparatur Desa

286

PASIRPENGARAIAN – Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2020 ini melakukan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Pemerintah Desa dengan memanfaatkan Taman yang berkonsep alam (nature) terbuka hijau.

Maksudnya, yaitu Taman Konsultasi dan Edukasi (Consultation and Education Park) yang belum lama ini sudah diresmikan Bupati Rokan Hulu H Sukiman.

Kepala Inspektorat Rokan Hulu H Helfiskar SH MH, didampingi Sekeretaris Alreza Ahyu SE, M Si Ak, Selasa (22/1/2020) mengatakan, Program ini dilakukan menindak lanjuti amanat Presiden RI Joko Widodo dan Mendagri Muhamad Tito Karnavian pada Rakornas 2020 belum lama ini.

“Dimana meminta kepada seluruh penjabat Audit Aparat Pengawasan (APIP) untuk melakukan pembinaan dan Pengawasan, juga sesuai salah satu visi misi Indonesia maju peningkatan SDM,” paparnya.

Lanjutnya, karena selama ini, pada pengelolaan dana desa ada banyak ditemuan salah dari administrasi, sehingga amanat dan juga salah satu visi misi Presiden RI dan Mendagri yang meminta seluruh APIP untuk melakukan pembinaan dan Pengawasan pada pengelolaan dana desa yang semakin besar diluncurkan dari pemerintah pusat.

“Semakin besar Anggaran yang dikeluarkan, juga semakin tinggi pengawasannya,” jelasnya.

Helfiskar menambahkan, untuk peningkatan SDM ini, dengan konsep yang dilaksanakan, rencana Minggu depan ini, meski tidak ada anggaran, awalnya Inspektorat akan mengundang perwakilan Aparat Pemerintah Desa, satu orang per kecamatan di 16 Kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu.

“Kepada mereka kita membuka ruang diskusi dalam peningkatan SDM pada pengelolaan administrasi penggunaan dana desa, dengan konsep awal, kita undang dulu mereka, setelah itu kita juga jemput bola,” tuturnya.

Mantan Kabag Hukum Pemkab Rohul itu berharap, dengan dilaksanakan Program Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu ini, SDM dalam pengelolaan administrasi di Pemerintah Desa Se Rohul, bisa lebih baik lagi kedepannya.

“Selain itu, juga salah satu peran APIP dalam melaksanakan tugas pengawasan diantaranya adalah melakukan consulting terkait pembinaan pengelolaan keuangan desa,” ucapnya.