Jadikan Islamic Centre Rohul Acuan, Kepulauan Anambas Adakan Study Banding

PASIRPANGARAIAN – Melihat keberhasilan Pemerintah Daerah (Pemda) Rohul dalam dalam mengurus Masjid Agung Islamic Centre, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan study banding (stuban) untuk mempelajari sistem pengelolaan Masjid Agung. Sore Senin (20/1/2020).

Kehadiran rombongan dari Provinsi tetangga itu disambut hangat oleh asisten II, H.M.Ruslan didampingi Kadiskominfo Rohul Drs.Yusmar M.Si beserta rombongan.

Adapun rombongan stuban yang turut hadir saat itu Ketua DPRD Kepulauan Anambas Hasnidar, Staf Ahli Bupati Khairul Sahadad, Balit Bappeda Adie’s Saputra, Kadis  BKD Aswandi,Kemenag Erizal Abdullah.  Termasuk Kabag kesra Awaludin, Wakil ketua MUI Ramli dan  Plt  Ketua LAM Kabupaten Kepulauan Anambas  Saripuddin.

Saat diwawancarai awak media, Ketua DPRD Kepulauan Anambas Hasnidar mengatakan tujuan dari stuban ini untuk mengetahui dan melihat secara langsung sistem pengelolaan yang dilakukan pengurus Masjid Islamic Centre Pasir Pengaraian, Rohul

“Ini berkaitan dengan akan diresmikannya masjid agung di Kepulauan Anambas pada Februari 2020 mendatang,” kata Hasnidar.

Ditempat yang sama, Staf Ahli Bupati Pemkab Kepulauan Anambas Khairul Sahadad, memberikan apresiasi ke Pemkab Rohul dan pengurus Masjid Agung Islamic Centre Rohul yang sudah sukses membangun mesjid dengan begitu indah dan megah.

“Masjidnya bagus dan perekrutan Imam Masjid, tentu itu akan  menjadi dasar bagi pemerintah Pemkab Kepulauan Anambas untuk bisa melaksanakannya di Masjid Agung Anambas nantinya,” jelas Khairul

“Menariknya, bangunan Masjid Agung Islamic Centre Rohul, juga didukung dengan kabupaten yang berjuluk Negeri Seribu Suluk. Ini merupakan modal besar bagi Pemkab Rohul untuk menjadikan Rohul sebagai tempat wisata religi,” sebut Khairul.

Sedangkan H.M.Ruslan berterima kasih ke rombongan Pemkab Anambas yang telah melaksanakan Stuban di Masjid Agung Islamic Centre Rohul.

“Berharap, rombongan bisa mengadopsi sistim pelayanan, perawatan dan pengelolaan Masjid Agung kita. Apalagi mereka ingin meresmikan masjid Islamic di daerah mereka, sehingga nantinya apa yang didapatkannya selama stuban bisa bermanfaat dalam pembinaan umat Islam di daerah mereka,”

“Kita juga bangga, karena masjid kita dikunjungi bukan hanya dari masyarakat Indonesia, bahkan ke manca negara. Ini semua karena komitmen Pemkab Rohul dalam pengelolaan Masjid Agung yamg menjadi ikon serta kebangaan masyarakat Negeri Seribu Suluk,” Lanjutnya.