BUMDesa Usaha Makmur Desa BIM Peringkat Ke-3 se Rohul

481

KUNTODARUSSALAM – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Usaha Makmur Desa Bukit Intan Makmur (BIM), Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meraih peringkat ke 3 se Kabupaten Rohul.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Bukit Intan Makmur (BIM), Nasta’in SPdI, Rabu (22/1/2020) ketika melaksanakan Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) Desa BIM.

Nasta’in dalam laporannya menyampaikan, bahwa Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Usaha Makmur per 31 Desember 2019 mendapat modal dasar Desa Rp 503.177.500, Cadangan modal dari laba sebesar Rp 867.351.678, Simpanan Suka Rela Rp 1.972.348.582.

“Sehingga akumulasi Laba dari Unit Usaha Simpan Pinjam Rp 299.143.291 dan Unit Penjualan LPG 3 Kg Rp 2.102.000 sehingga total laba usaha per 31 Desember 2019 berjumlah Rp 301.244.291, alhamdulillah Bumdesa kita peringkat 3 se Rohul,” paparnya.

“Sumbang PADes 10% dari jumlah laba sebesar Rp 30.124.429. Selain itu juga bantuan Rumah Tangga Miskin, Bonus Pengelola, Doorprice, Inventaris, Diklat Nasabah dan Sosial,” ujarnya.

Sebagai penasihat, Nasta’in terus melakukan pembinaan terhadap kelompok usaha dan meningkatkan pengetahuan pengelola dan pelaku PPD tentang Administrasi. Meski ada penunggakan, Nasta’in mengaku terus mengoptimalkan pengembalian angsuran pinjaman atau memperkecil tunggakan pemanfaat Bumdesa Usaha Makmur.

“Memang tahun ini ada tunggakan namun tidak seberapa, karena warga kita saat ini replanting kebun sawit. Bumdesa Usaha Makmur saat ini bergerak di Unit usaha membuka transaksi online baik pembayaran rekening listrik, transfer sesama bank, trasfer antar bank dan pembayaran tagihan lainnya bekerjasama dengan Bank BRI,” katanya.

Tambahnya, Rencananya Bumdesa Usaha Makmur membuka unit usaha baru disektor Swalayan/Mart. “Yang insyaallah akan segera beroperasi pada tahun 2020 ini, yang menyediakan kebutuhan pokok atau barang harian yang dibutuhkan masyarakat desa Bukit Intan Makmur,” tambahnya.

Nasta’in juga meminta kepada Bupati Sukiman pengaspalan jalan dalam desa lebih kurang 2.5 KM dan warga juga meminta alat kesenian kuda lumping dan lainnya.

“Memang jalan dalam desa ini sudah diaspal, namun ada sekitar 2.5 KM lagi belum diaspal, Insyaallah tahun ini ada juga pengerasan jalan sekitar 10 KM dari Simpang pasar kota lama dan masuk ke Desa BIM,” pungkasnya.

Pada kegiatan itu hadir Bupati Rohul, H Sukiman, Ketua TP PKK Rohul, Hj Peni Herawati Sukiman, Ketua DWP Rohul Hj Neti Haris, Kepala Bapenda Rohul Elbizri, Kaban Kesbangpol Rohul Musri SSos, Kadis DKPP Rohul Barikun SP, Kadis DPMPD Rohul Margono SSos, Camat Kunto Darussalam Ruslan SSos, Kades Bukit Intan Makmur Nasta’in, Kepala Desa Muara Dilam Zulfikar SHi, Kepala Desa se Kunto Darussalam, Direktur Bumdesa Usaha Makmur dan ratusan masyarakat.

Bupati Rohul, H Sukiman mengaku bangga dengan kemajuan BUMdesa Usaha Makmur Desa Bukit Intan Makmur, pasalnya setiap mengikuti MPTB di Desa lain, jangankan meningkat bahkan ada yang mengalami penyusutan.

“Bumdesa ini saya nilai sudah bagus, saya sangat bangga dan pengelola Bumdesa terus tingkatkan dan kembangkan unit usahanya, saya tiap hari mengikuti MPTB, sebagian ada yang bagus sebagian ada yang “hidup enggan matipun segan”, saya berharap bumdesa yang lain kita doakan terus bertambah maju,” harapnya.

Terkait Permintaan warga untuk pengaspalan jalan dan alat kesenian kuda lumping, Sukiman meminta Kepala Desa untuk membuat proposal. Sementara untuk infrastruktur jalan, diakuinya saat ini memang konsern Pemkab membangun infrastruktur desa sesuai dengan Mottonya “Membangun Desa Menata Kota”. Ia mengaku berupaya membangun secara bertahap menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.