Banyak Nilai Tes SKD CPNS Rohul Diatas Passing Grade, Bahkan Sampai Diangka 400

1071

PASIRPENGARAIAN – Setelah dibuka dalam beberapa hari yang lalu, calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merasa Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tahun ini lebih mudah untuk lulus dari Seleksi tahun sebelumnya. Hal ini terbukti banyaknya calon yang mencapai nilai diatas Passing grade (KKM).

Menurut Bagus Ardiansyah Putera (23), calon PNS Rohul mengatakan Ujian SKD tahun ini lebih mudah lulus dibandingkan tahun lalu.

“Tahun lalu saya ikut CPNS juga namun tidak lulus SKD, Untuk tahun ini Alhamdulillah nilai saya diatas Passing Grade,” jelas Bagus, Rabu (29/01/2020)

Ditempat yang Ramanda Rizky mengaku ini adalah ujian pertamanya mengikuti Tes CPNS.

“Tahun sebelumnya saya tidak ikut, namun ditahun ini saya mencoba peruntungan dan Alhamdulillah nilainya diatas Passing Grade,”Katanya.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, Passing grade tahun 2019 menurun dari tahun sebelumnya, dimana untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 75.

Sedangkan untuk nilai SKD ambang batas tahun 2019, untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65.

Saat dilokasi tes, awak media juga sempat melihat beberapa calon PNS yang menangis haru karena namanya tertulis dengan nilai diatas Passing grade. Bahkan tidak sedikit calon PNS yang nilainya 400.