Bantuan Dari APBN Untuk Dinas TPH Rohul Tahun Ini Meningkat

420

PASIRPENGARAIAN – Tahun 2020 ini Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat meningkat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP MMA didampingi Kabid Pengembangan Tanaman Pangan TPH Rohul, Zulfikar, Rabu (5/2/2020) di ruang kerjanya.

“Untuk tahun 2020 kita mendapat bantuan Tanaman Pangan dan Holtikultura dari pemerintah pusat yang dianggarkan dari APBN melalui Kementerian Pertanian meningkat yang diperuntukkan tanaman padi Gogo atau padi darat, Padi Sawah dan Jagung,” tuturnya.

Mubrizal mengatakan, dimana tahun ini Kementerian Pertanian memberikan bantuan padi Gogo, atau padi darat seluas 4.429 haktar yang tersebar di seluruh 16 kecamatan Se Kabupaten Rokan Hulu. Dari luasan tersebut hanya Kecamatan Rambah Samo yang terluas mendapatkan bantuan padi Gogo, berdasarkan kelompok petani Gogo 1.310 haktar, dengan hasil produktivitas per haktarnya mencapai 3,2 ton.

“Sedangkan untuk tanaman padi sawah, 1.375 haktar, sedangkan untuk tanaman jagung 1.500 haktar dengan jadwal tanamnya pada Maret mendatang,” jelasnya.

Lanjutnya, sementara untuk tahun 2019 lalu, luasan tanaman pangan padi 1.033 haktar, sedangkan padi sawah, 160 hektar dan jagung 1.500 hektar.

“Untuk benih padi Gogo dan padi sawah para kelompok tani, tetap menggunakan benih varites atau benih lokal dari petani itu sendiri,” papar Mubrizal.