Laba Usaha Bumdesa Lestari Desa Kumain Mencapai 208 juta

412

TANDUN – Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dari tahun ke tahun terus  mengalami peningkatan, seperti di BUMDesa Lestari Desa Kumain, Kecamatan Tandun.

Dari Musayarawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) Tahun buku 2019, Laba Usaha Bumdesa (LUB) Lestari Desa Kumain, Kecamatan Tandun, telah mencapai Rp 208 juta.

Untuk meningkatkan LUB dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, BUMDesa Lestari Desa Kumain terus berinovasi dan membuat terobasan baru dalam membuka dan mengembangkan Unit Usaha baru, seperti Toko Lestari Bangunan dan Depot Air Isi Ulang Lestari Mineral.

Kepala Desa Kumain, Darwadi mengatakan, kedepannya akan mengelola Bumdesa Lestari dalam konsep Syariah. Apalagi diakuinya, sejak 3 (Tiga) tahun terakhir Bumdesa Lestari telah tiga kali menurunkan bunga pinjaman, untuk meningkatkan laba Bumdesa, pihaknya lebih fokus membuka unit usaha baru seperti Toko bangunan dan Depor Air isi ulang dan lainnya.

“Alhmdulillah dengan laporan MPTB tadi bisa diketahui masyarakat, kami berharap kedepannya Bumdes ini menuju Bumdes Syariah, perlahan-lahan Bunga pinjaman itu kita kurangi. Dalam tiga tahun ini kita telah melakukan pengurangan bunga dari pinjaman, dengan adanya usaha baru ini tidak lagi mengandalkan pinjaman dari orang lain, tapi kita bisa membuka peluang yang lain,” paparnya.

Lanjutnya, hasil dari laba Bumdesa Lestari, pihaknya memberikan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu. Karena selama satu tahun ini Pengurus BUMdesa Lestari sudah mengelola dengan mendapatkan keuntungan. Dari keuntungan itu diberikan kepada masyarakat kurang mampu dengan harapan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“Hasil persentase dari keuntungan Bumdesa ini, kami berikan santunan kepada Fakir Miskin, anak yatim, anak usia dini, baik bantuan dalam bentuk uang maupun kebutuhan pokok masyarakat seperti beras susu dan minyak goreng,” jelasnya.