BPBD Rohul Paparkan Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

361

PASIRPENGARAIAN – Tingginya Intensitas curah Hujan di Wilayah Kabupaten Rokan Hulu menyebabkan beberapa sungai besar meluap dan mengakibatkan banjir serta ratusan rumah warga terendam banjir.

Kepala BPBD Rohul, H Zulkifli Said Melalui Seksi Kesiapsiagaan BPBD Rohul, Jon Feri, Sabtu (15/2/2020) menjelaskan, Luapan Sungai Batang Lubuh menyebabkan banjir di Beberapa Desa di Kecamatan Rambah seperti Desa Baussalam dan Desa Pematang Berangan (Dusun Tulang Gajah).

“Di kecamatan Rambah, Tercatat Rumah yang terdampak banjir mencapai 106 Kepala Keluarga. Desa Pematang berangan menjadi desa terparah dilanda banjir, dimana di desa ini ada 62 Rumah Warga yang terdampak Banjir. Selain itu, jalan desa juga dilaporkan terputus sepanjang 80 meter karena digenangi air Luapan sungai Batang Lubuh dengan kedalaman banjir 40- 60 sentimeter,” paparnya.

Lanjutnya, banjir yang juga menggenangi daerah Kelurahan Pasirpengaraian dan desa Koto tinggi, dimana terdapat 24 rumah warga yang terendam. Sementara kondisi air saat ini sudah bertahan dan cenderung berkurang lambat.

Selain Sungai Batang Lubuh, lanjutnya, sungai batang sosah yang berada di Kecamatan Tambusai, juga di laporkan meluap. Akibat luapan sungai Batang Sosah, menyebabkan 12 Rumah dan 1 Unit Sekolah di desa Lubuk Soting terendam banjir.

“Di Sungai Sosah, pada saat itu Banjir terpantau masih di halaman rumah warga,” jelasnya.

Dikatakan Jhon Feri, pada Sabtu (15/2/2020) BPBD Rohul juga melakukan pemantauan Banjir di kecamatan Rokan IV Koto akibat meluapnya sungai Rokan Kiri.

Dari data BPBD Rohul, Luapan Sungai Rokan Kiri tercatat sudah merendam Rumah 8 Kepala Keluarga. Ketinggian air sungai Rokan Kiri saat itu juga masih bertambah meskipun lambat.

“Tim Reaksi Cepat BPBD Rohul masih mencari informasi dan siaga terkait kejadian banjir di daerah Rokan Hulu,” Ucap Jon Feri.