KPU Rohul Mulai Terima Dokumen Dukungan Paslon Perseorangan

144

PASIRPENGARAIAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah membuka penerimaan Syarat dukungan Calon Perseorangan bagi masyarakat yang hendak maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Rohul 2020.

Pembukaan menerimaan syarat berkas dukungan bagi calon perseorangan dibuka KPU Rohul sejak Rabu (19/2/2020) di Kantor KPU Rohul.

Komisioner KPU Rohul Asri Siregar mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran bagi calon  perseorangan itu hingga Kamis (20/2/2020) belum ada satupun bakal calon perseorangan yang datang baik berkonsultasi maupun menyerahkan Syarat Dukungannya ke KPU Rohul.

“Jumlah syarat minimum dukungan yang harus dipenuhi sebesar 26.745 dukungan yang tersebar di 9 kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.Sementara penyerahan dokumen syarat calon perseorangan, KPU Rohul akan mulai membuka waktu penerimaan pada tanggal 19-24 Februari 2020,” tuturnya.

Lanjutnya, adapun dokumen syarat yang harus diserahkan bakal calon perseorangan antara lain Formulir B.1-KWK Perseorangan. Formulir tersebut yaitu pernyataan dukungan oleh setiap pendukung yang ditempel dengan foto copy E-KTP atau dilampiri Surat Keterangan dari Disdukcapil Asli.

“Formulir B.1.1-KWK Perseorangan, yaitu tabel yang memuat daftar nama pendukung yang ditandatangani bermaterai oleh bakal pasangan calon perseorangan terdiri dari 2 rangkap, 1 rangkap asli dan satu rangkap salinan yang dicetak dari Aplikasi Silon,” jelasnya.

Asri menambahkan, formulir Model B.2 KWK Perseorangan yaitu rekapitulasi jumlah dukungan bakal pasangan calon perseorangan jumlah 1 rangkap asli yang dicetak dari aplikasi Silon. “Dalam pengajuan calon persorangan, bakal Calon harus mengajukan satu paket (calon bupati dan wakil bupati),” ujarnya.

Kemudian, hal yang harus diingat oleh bakal calon Perseorangan, dalam pengumpulan dukungan, tidak hanya mengumpulkan KTP-el saja, tapi juga surat pernyataan dukungan dari pemberi dukungan. “Jika tidak ada pernyataan dari pemberi dukungan, maka syaratnya tidak bisa kita proses,” paparnya.

Selain itu, dukungan perorangan dicatat dalam Form BB1 yang ada di dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Dimana, rekapnya juga terdapat di dalam Silon. “Jadi ini mengumpulkan KTP dan mendatanya ke dalam sistem Informasi. Nah, bagi putra putri terbaik Rohul yang ingin berpartisipasi lewat perseorangan sebaiknya kirimkan LO-nya ke KPU untuk kami latih dalam menginput data ke Silon,” terang Asri.

Menurut Asri, sebelum dibukanya penyerahan Syarat Dukungan Calon Perseorangan ini, ada 1 kandidat bakal Calon Perseorangan yang berkonsultasi ke KPU Rohul yaitu Ketua MKA LAMR Rohul T. Rafli Armien. Namun, Hingga kini belum ada konfirmasi dari Tengku Rafli kapan akan menyerahkan Syarat Dukungan nya ke KPU. “Kita tunggu saja, karena kan waktunya kita buka sampai htanggal 24 Februari ini,” tutupnya.