Melalui Momentum Pilkada 2020, Hafith Angkat Kembali Budaya Melayu di Rohul

126
Ir Hafith Syukri MM
Ir Hafith Syukri MM

PASIRPENGARAIAN – Melalui momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), salah seorang Bakal Calon (Balon) Bupati Rohul akan membangkitkan kembali budaya melayu.

Balon Bupati Rohul, Ir Hafith Syukri MM, Sabtu (22/2/2020) mengatakan, salah satu terobosan yang dilakukannya pada kontestasi Pilkada Rohul 2020 mendatang akan membuat gerakan Rokan Hulu Bertanjak dan mengajak seluruh masyarakat Rohul kembali membumikan tanjak sebagai khasanah budaya melayu Rohul.

“Kita mencoba bangkitkan kembali budaya melayu di Rokan Hulu ini, nuansa ini harus kita bangkitkan kembali. Ayo kita bersama-sama bangkitkan budaya melayu ini,” paparnya.

Dengan membangkitkan kembali budaya melayu ini, lanjut Hafith, dapat membangkitkan kembali industri kreatif yang mampu menambah income bagi masyarakat. “Melalui momentum Pilkada ini kita coba kembali membumikan pemakaian tanjak di Negeri Seribu Suluk ini,” jelasnya.

Hafith menambahkan, mesi Kabupaten Rohul merupakan daerah dimana terdapat banyak suku lain yang sudah lama hidup berdampingan secara damai, bukan bearti keberadaan tanjak sebagai sebuah pembeda antara suku melayu dengan suku yang lain tetapi melambangkan sebagai lambang pemersatu.

“Kita ingin kirimkan pesan bahwa bukan orang melayu saja yang boleh pakai tanjak, tetapi diluar orang melayu yang ada di Rokan Hulu ini juga bisa memakai tanjak. Tanjak sebagai simbol bahwa tanah yang ada di Rohul ini adalah tanah melayu,” ujarnya.