Sebut Bahaya Karhutla, Polres Rohul Gelar Sosialisasi di Desa Sialang Jaya

262

PASIRPRNGARAIAN – Dalam rangka pencegahan kebakaran di Rokan Hulu, Polres Rokan Hulu (Rohul) melakukan sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, Senin (24/02/2020). di Kantor Desa Sialang Jaya.

Menurut pengakuan Kasat Binmas, AKP Hermawan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat  agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Kegiatan ini kita gelar sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat tempatan yang umumnya berprofesi sebagai petani,” jelasnya.

Dalam sosialisasi, juga dilakukan penyebaran maklumat Kapolda Riau terkait masalah karhutla yang ada di Indonesia.

Maklumat atau pengumuman itu juga ditempel di ruang-ruang publik di wilayah Desa Sialang Jaya agar dapat dibaca oleh seluruh kalangan.

Masih ditempat yang sama, Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay mengingatkan masyarakat desa agar lebih berhati-hati dalam melakukan pembersihan lahan, apalagi dengan membakarnya.

” Sebisa mungkin, lahan yang hendak digunakan jangan dibakar. Kalaupun hendak dibakar, lakukanlah dengan hati-hati,” ungkapnya

“Jangan sampai apinya membesar dan lahan tidak diawasi. Lalu, jangan membakar lahan di musim panas supaya api tidak membesar,” tambahnya.

Dalam penutupnya, Kades Sialang Jaya juga mengingatkan warga tentang pelanggaran hukum yang serius terhadap karhutla.