Bupati : Manfaatkan Sertifikat Tanah Untuk Kesejahteraan

254

KUNTODARUSSALAM – Atas dukungan dan support Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) 2019 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rohul telah mengeluarkan sebanyak 18 ribu sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan 5.000 setifikat tanah program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA). Sertifikat yang dibagikan kepada masyarakat telah mendapat legalitas dan mampu di manfaatkan sebaik mungkin agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Rohul, H Sukiman, Ahad (23/2/2020) usai menyerahkan sertifikat untuk warga Desa Pasir Luhur dan Sungai Kuti, bersamaan dengan Peringatan Hari Jadi Desa Pasir Luhur Ke 28 dan MPTB BUMDesa Sri Rejeki, Desa Pasir Luhur, Kecamatan Kunto Darussalam.

Setelah diserahkannya sertifikat kepada masyarakat, Mantan Dandim Inhil itu mengaku pada tahun 2020, Pemkab Rohul akan menerbitkan 12 ribu sertifikat. Dia berharap sertifikat itu bisa dimanafaatkan masyarakat untuk buka usaha dan untuk hal-hal yang produktif.

“Penerbitan dan penyerahan sertifikat ini sebagai upaya Pemkab Rohul untuk memberikan kekuatan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat, agar masyarakat memiliki aset yang bisa bermanfaat dalam upaya mengembangkan usaha yang produktif,” tuturnya.

Selain mengenai sertifikat tersebut, masyarakat meminta kepada Bupati Rohul untuk melakukan pengaspalan jalan sebagai kado HUT Desa Pasir Luhur. Menanggapi hal tersebut, Sukiman mengaku komit untuk mengaspalkan jalan poros desa Pasir Luhur yang dianggarkan dalam APBD Rohul 2020.

“Terkait panjangnya yang akan kita aspalkan untuk Desa Pasir Luhur nanti, tentunya menyesuaikan kemampuan keuangan daerah, karena kita dalam pembangunan dengan konsep pemerataan tanpa adanya pandang suku, agama dan ras. Tentunya kita membangun secara bertahap dan merata diseluruh desa yang ada di Rohul,” jelasnya.

Pada kegiatan itu, hadir Ketua TP PKK Rohul, Hj Peni Herawati Sukiman, Kepala Diskes Rohul, dr Bambang Triono, Kadis DLH Rohul Suparno SHut, Kadis DPMPD Rohul, Margono SSos MSi, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Barikun SP, Camat Kunto Darussalam, Ruslan SSos, Kepala Desa Pasir Luhur Soleman, Kepala Desa Sungai Kuti, Sadiman Efendi dan ratusan masyarakat Desa Pasir Luhur.