Tahun Ini Pemkab Rohul Kucurkan Dana Rp7 Miliar Perbaikan Ruas Jalan Lingkar

571
Kepala Dinas PUPR Rohul, Anton ST MM
Kepala Dinas PUPR Rohul, Anton ST MM

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun ini akan melakukan rehabilitasi dan pemeliharaan ruas jalan Lingkar Km 4 Pasirpengaraian.

Mengingat kondisi jalan Lingkar Pasirpengaraian sepanjang 4 Km itu, mengalami kerusakan dan terdapat puluhan titik ruas jalan yang berlubang. Karena setiap hari, ruas jalan lingkar dari simpang Rumah Sakit Surya Insani menuju simpang empat bundaran ratik Togak atau Komplek Perkantoran Pemda Rohul dilintasi oleh truk bermuatan berat yang melebihi tonase jalan.

Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MM menyebutkan, kerusakan ruas jalan Lingkar Km 4 Pasirpengaraian akan diperbaiki dalam tahun ini. Pemerintah Kabupaten Rohul telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp7 miliyar untuk rehap jalan lingkar Pasirpengaraian.

Menurutnya, besaran anggaran Rp7 miliyar untuk rehab kerusakan jalau dua jalan Lingkar Kilometer 4 Pasirpengaraian itu, panjangnya sekitar 3 Kilometer. Karena keterbatasan kemampuan keuangan daerah.

Anton mengaku, kondisi jalan lingkar ada beberapa titik yang rusak parah. Karena lintasi oleh truk bermuatan berat yang melebihi tonase jalan. Paska dilarangnya truk bertonase besar masuk jalan dalam kota Pasirpengaraian.

“Rehab ruas  jalan Lingkar Kilometer 4 Pasirpengaraian dengan alokasi anggaran Rp7 Miliar, tidak seluruhnya ditangani pada tahun ini. Kita rencanakan bertahap, karena melihat kemampuan keuangan daerah. Penanganan perbaikan Jalan Lingkar Pasirpengaraian dimulai dari Simpang Rumah Sakit Surya Insani hingga ke jembatan batang lubuh 2 (dua),” katanya.

Diakuinya, saat ini untuk pelaksanaan program rehabilitasi jalan Lingkar Km 4 Pasirpengaraian, masih dalam proses tahapan pelelangan.

“Kita berharap pada tahun 2021 mendatang, seluruh ruas jalan lingkar Kilometer 4 Pasirpengaraian sudah sepenuhnya diperbaiki dan ditangani. Sehingga akses lalulintas di ruas jalan Lingkar Pasirpengaraian nyaman dan lancar,” paparnya.