Antusias, Peserta Menulis Cerita Rakyat

402

PASIRPENGARAIAN-Pelatihan  Menulis Cerita Rakyat  yang ditaja Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Rokan Hulu, sejak Sabtu (29/02/2020) mendapat respon baik dari peserta.

Terlihat para peserta antusias mengikuti kegiatan yang menghadirkan Wulan Citra Dewi, pemenang sayembara menulis “Cerita Rakyat” Balai Bahasa Riau 2019.

Pantauan Riausmart pada kegiatan hari kedua di Aula PGRI Dinas Pendidikan, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu,  peserta responsif dengan materi yang disampaikan. Salah satunya saat menyerukan yel-yel sebelum Wulan mulai menulis cerita rakyat.

Lili Sumarni, S.Pd. salah satu peserta bertanya cara membuat cerita rakyat. “Bagaimana caranya kami tidak tahu asal muasalnya cerita itu,” tanya Lili.

Menurut Wulan Citra Sari,  untuk membuat cerita rakyat itu diperlukan kemampuan menangkap ide. Hal ini bisa didapat dari hasil wawancara langsung atau arsip yang ada.

Wulan juga berpesan kepada para peserta agar semangat Literasi harus terus digalakkan demi terwujudnya peradaban yang gemilang. “Jadikan membaca dan menulis sebagai wadah mereguk ilmu pengetahuan dan berbagi kebaikan sebagai bekal hidup setelah kehidupan dunia,” ungkapnya.(a)