Pemkab Rohul Akan Daftar Seluruh Perangkat Desa ke BPJS Kesehatan

Asisten II Setda Rohul, Ir H Ruslan MSi
Asisten II Setda Rohul, Ir H Ruslan MSi

PASIRPENGARAIAN – Melalui rapat bersama BPJS Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berencana akan mendaftarkan seluruh perangkat desa menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Hal itu disampaikan Asisten II Setda Rohul, Ir H Ruslan MSi, Kamis (12/3/2020) usai melakukan rapat dengan BPJS Kesehatan di Aula lantai III Kantor Bupati Rohul. Hadir pada rapat tersebut, Kadis Kesehatan Rohul, Kepala Bappeda Rohul, Kepala DPMPD Rohul, serta instansi terkait lainya.

Asisten II Setda Rohul, Ruslan mengatakan, Pemkab Rohul  komit dalam mendukung peningkatan kepesertaan BPJS Kesehatan ini, salah satu bentuk keseriusan Pemkab Rohul dalam peningkatan kepesertaan BPJS Kesehatan tersebut.

“Hal itu akan dilakukan dengan menerapkan permendagri nomor 119 tahun 2019, dimana Pemkab Rohul akan mendafatarkan seluruh perangkat desa kedalam kepesertaan BPJS Kesehataan,” paparnya.

Lanjut ruslan, rapat tersebut bertujuan untuk meninngkatkan jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Rohul yang saat ini baru mencapai 57 persen.

Ruslan juga meminta BPJS Kesehatan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta pro aktif dalam mensosialisasikan inovasi yang dilakukan khususnya dalam menguragi tingkat tunggakan peserta mandiri.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Pekanbaru, Nora Manurung mengharapkan melalui rapat pemangku kepentingan ini didapatkan kesamaan pemahaman bersama terkait program jaminan kesehatan nasional.

“Dalam rapat ini BPJS berkewajiban melaporkan progres program JKN kepada Pemkab Rohul dalam rangka pencapaian UHC, dimana disuatu daerah minimal 95 persen warga sudah tercover dalam program BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, di Rokan Hulu saat ini dari 557. 330 warga, baru terdapat 321 .598 atau 57,70 persen warga yang tercover BPJS Kesehatan baik PBI APBN, PBI APBD, PPU, PBPU dan BP.