Belasan Calon Pengawas Desa di Rohul Terindikasi Pengurus Parpol

PASIRPENGARAIAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menemukan adanya 13 calon Pengawas Desa yang terindikasi sebagai pengurus Partai Politik (Parpol).

Bawaslu Rohul telah menginstruksikan pengawas kecamatan setempat melakukan klarifikasi terhadap ke 13 nama yang terindikasi pengurus Parpol tersebut.

Komisioner Bawaslu Rohul, Fani Ariandi, Kamis (19/3/2020) mengatakan, bahwa adanya 13 nama calon pengawas desa yang terindikasi terlibat dalam kepengurusan partai politik ini berdasarkan hasil verivikasi dari  aplikasi pencalonan pemilihan serentak KPU Rohul.

“Ke 13 calon yang terindikasi terlibat kepengurusan partai politik, ini berasal dari berbagai partai seperti, PKB, PPP, PKS, PDIP, Partai Golkar dan Partai Demokrat,” jelasnya.

Lanjutnya, Bawaslu Rohul juga telah memerintahkan Panwascam setempat untuk melakukan klarfikasi terhadap ke 13 nama tersebut. Dari hasil klarifikasi yang dilakukan, 12 nama diantaranya mengaku di catut namanya untuk kelengkapan ferivikasi partai politik dan sudah menyerahkan surat keterangan dari partai yang bersangkutan.

“Sementara 1 orang lagi mengakui sebagai pengurus partai politik dan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” paparnya.

Dalam rekrutmen pengawas desa dan kelurahan ini, Bawaslu Rohul merekrut sebanyak 145 pengawas dari 145 desa dan kelurahan yang ada di Rokan Hulu. Mereka nantinya akan ditugaskan untuk mengawasi tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di kabupaten Rokan Hulu.