Akibat Virus Corona, Toko dan Apotik di Tambusai Kehabisan Stok Masker dan Hand-sanitizer

TAMBUSAI – Pemberitaan mewabahnya Virus Corona Covid-19 ternyata berdampak di berbagai daerah di Indonesia, petugas toko maupun apotik di  Kecamatan Tambusai mengaku kehabisan stok masker dan hand-sanitizer untuk diperjual belikan.

Dari pantauan awak media Riausmart.com, semua apotik dan toko obat di Tambusai mengalami kekosongan baik Masker maupun Handsanitizer.

Dalam pengakuan salah seorang penjaga Apotik di Dalu-Dalu, Kecamatan Tambusai, Rohul mengatakan, sudah beberapa hari ini banyak masyarakat yang membeli masker dan hand-sanitizer, sedangkan suplai dari agen tidak ada karena memang dalam keadaan kosong.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Puskesmas Tambusai, Sogirin, SKM mengatakan, tidak dapat mengontrol penjualan masker maupun hand-sanitizer di toko atau apotik milik Swasta ataupun perorangan.

” Kalau milik swasta, kita tidak bisa kontrol bagaimana mereka menjual, tapi kalau masyarakat ingin masker, di Puskesmas kami sudah menyediakan masker,” katanya

Melalui Riausmart.com, Sogirin,SKM  menghimbau kepada seluruh masyarakat melalui Bidan Desa, Puskesmas Pembantu, Pokesdes dan Posyandu untuk kembali aktif dalam publik yang promotif dan presentif.

” Kita sudah menugaskan kepada pihak terkait untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait virus corona, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati, serta kembali menghidupkan budaya Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat),” tutupnya.

Ini untuk Kecamatan Tambusai, bagaimana dengan Kecamatan di daerahmu? Apakah kehabisan stok masker dan hand-sanitizer juga? (As)