Cegah Penularan Covid-19, Polres Rohul Patroli dan Bubarkan Kerumunan Warga

203

PASIRPENGARAIAN – Salah satu upaya dalam pencegahan wabah Corona Virus Destinese (Covid-19), Mapolres Rokan Hulu (Rohul), Senin (23/3/2020) malam melakukan patroli dan membubarkan kerumunan warga di sejumlah lokasi di wilayah kabupaten Rohul.

Upaya membubarkan kegiatan keramaian masyarakat ini merupakan implementasi giat operasi kontijensi Aman Nusa II Muara Takus 2020 Polda Riau di wilayah hukum polres Rohul dalam pencegahan penularan covid-19. Giat tersebut dipimpin langsung Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting dan jajarannya.

Kapolres Rohul, AKBP Dasmin Ginting SIK mengatakan, dalam operasi tersebut, Polres Rohul menyisir tempat-tempat keramaian dan menghimbau warga dengan menggunakan pengeras suara.

“Kami juga menemukan sejumlah warga yang berkumpul-kumpul di beberapa warung makan, cafe dan warung kopi. Bahkan, dalam operasi tersebut kami juga menemukan sejumlah remaja tengah asyik bermain warnet dan playstation,” jelasnya.

Lanjutnya, operasi ini merupakan antisipasi kongkret Polres Rohul dalam menjaga keselamatan warga Rohul agar tak terjangkit virus corona.

“Kegiatan ini akan dilakukan setiap hari diseluruh polsek di wilayah hukum Polres Rohul. Saat ini kegiatan ini baru sebatas himbauan tapi tidak menutup  kemungkinan akan dilakukan pelarangan dan tindakan kepolisian,” tegasnya.

AKBP Dasmin dalam giat tersebut juga dihimbau kepada warga yang tengah asyik berkumpul agar segera kembali ke rumah masing-masing. “Para pedagang juga diberikan pemahaman tentang pentingnya sosial distancing dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona,” paparnya.

Kemudian Kapolres Rohul itu mengatakan, bahwa berdasarkan informasi yang dia terima di kabupaten Rohul belum ada warga yang suspek atau suspek covid-19. Meski demikian di daerah ini terdapat 91 warga yang sudah masuk dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP).