Masyarakat Rohul Pulang Kampung, Jumlah ODP Corona Virus Bertambah

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu H. Sukiman melalui juru bicara Tim Satgas Covid-19 Pemkab Rokan Hulu Drs. Yusmar M.Si melaporkan Perkembangan Corona Virus Desease atau Covid 19 di Kabupaten Rokan Hulu.

Hingga Sabtu pagi, (28/3/2020), yang dinyatakan Positif tidak ada, Orang Dalam Pengawasan 625,  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 orang, masih menunggu hasil.

Kepala Dinas Komunikasi dan  Informasi (Diskomifo) menjelaskan, data ini dari sumber rekapan Surveilens, penanganan Covid 19 Corona di RSUD Rokan Hulu dari seluruh dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan  kepada  Kepala Puskesmas se Rokan Hulu dan Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hulu.

Dengan rincian, Kecamatan Rambah = 61, Kecamatan Rambah Samo = 50, Kecamatan Rambah Hilir = 32, Kecamatan Tambusai Utara = 102, E. Kecamatan Tambusai = 24, Kecamatan Kepenuhan = 30, Kecamatan Ujung Batu = 25, Kecamatan Kunto Darussalam = 30.

KecamatanBonai Darusaalam = 20, Kecamatan Tandun = 35, Kecamatan Kabun = 88, Kecamatan Rokan IV Koto = 5, Kecamatan Pendalian IV Koto = 14, Pagaran Tapah Darussalam = 4, Kecamatan Kepenuhan Hulu = 30,Bangun Purba = 38. Sedangkan Pasien dalam pengawasan(PDP) = 1 orang, masih menunggu hasil, Positif = 0 (Tidak ada).

“Terjadinya kenaikan ODP dari tanggal 26/03/2020, sebanyak 427 menjadi  27/03/2020 sebanyak 625 atau mengalami peningkatan 198 orang, di perkirakan masih disebabkan oleh pulang kampung nya siswa dan mahasiswa serta yang masuk ke Rokan Hulu dari berbagai kota yang terinveksi Covid 19 ditambah dengan keaktifan Tim Gugus Tugas Pemda Rohul sampai ke Desa dan kampung, serta partisipasi masyarakat,” kata Yusmar.

Lanjut Mantan Kepala di beberapa Dinas di Kabupaten Rokan Hulu ini menghimba kepada masyarakat khususnya di Rokan Hulu untuk tidak panik, mari terus mengikuti dan mempedomani aturan dan himbauan Pemerintah dalam pencegahan Corona Virus Desease atau Covid-19 ini.

“Bila ada warga yang sakit demam, batuk dan lainnya, silahkan untuk periksakan diri ke petugas kesehatan, puskesmas terdekat, dengan tujuan pemeriksaan pencegahan Corona Virus Desease atau Covid-19 dengan gratis,” Imbau Juru bicara Tim Satgas Covid-19 Pemkab Rokan Hulu.

Juru bicara Tim Satgas Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemkab Rokan Hulu Drs. Yusmar M.Si juga menjelaskan, data akan selalu di update setiap harinya sesuai perkembangan informasi yang diberikan.

” Untuk perubahan data akan di umumkan di sore hari dari pukul 15.00 – 18.00 WIB, sehingga masyarakat dapat terus memantau perkembangan Corona Virus di Kabupaten Rokan Hulu ini,” jelas Yusmar.