Berharap Corona Berakhir, Ribuan Masyarakat Dua Desa Gelar Ratik Tolak Bala

315
PASIRPENGARAIAN – Ribuan masyarakat Desa yang ada di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), turun ke jalan melaksanakan Ratik tolak bala, Senin (30/3/2020) pukul 20.30 WIB.
Tradisiini dilakukan masyarakat dua desa yang terdiri dari Desa Rambah Tengah Barat dan Desa Sialang Jaya untuk memohon dan meminta kepada Allah agar Virus Corona atau Covid-19 ini segera berakhir.
Ratik tolak bala ini dimulai dari Ujung kampung Desa Sialang Jaya dan finishnya ujung kampung Desa Rambah Tengah Barat. Ratik tolak bala yang dilakukan ribuan masyarakat dua desa itu dengan melakukan berjalan kaki sepanjang sekitar 4 kilometer sambil melafazkan lailahaillah atau lafaz tahlil.
Damri, salah seorang masyarakat yang ikut melaksanakan Ratik tolak bala ini mengaku, tujuan di lakukan kegiatan tersebut sebagai bentuk usaha atau permohonan masyarakat kepada sang pencipta agar daerah dua desa khususnya di jauhkan Allah dari musibah dan umumnya untuk kabupaten Rokan Hulu ini.
“Tujuan kita melakukan Ratik tolak bala ini berharap Allah menghilangkan virus corona dari daerah kita ini, terkhusus Kabupaten Rohul ini umumnya di negara Indonesia ini,” tuturnya.
Selain itu, lanjut Damri, Ratik tolak bala ini merupakan salah satu tradisi turun temurun dari nenek moyang sebagai wujud upaya dan ikhtiar kepada Allah SWT, agar terhindar dari wabah virus corona atau Covid-19 yang saat ini lagi melanda dunia.
“Ini sebagai waujud upaya dan ikhtiar kita selaku makhluk ciptaan Allah. Kerana Allah yang punya alam semesta ini tentunya sudah sepantasnya lah kita meminta kepada Dia agar wabah corona ini segera berakhir,” ucap Damri.