Ditengah Pandemi Covid-19, Kapus Rambah Hilir 1 Ajak Warga Selalu Jaga Kesehatan

308
Kepala Puskesmas (Kapus) Rambah Hilir 1, Kus Aedy SKM, Kamis (2/4/2020) ketika diwawancarai Tim Riausmart.com
Kepala Puskesmas (Kapus) Rambah Hilir 1, Kus Aedy SKM, Kamis (2/4/2020) ketika diwawancarai Tim Riausmart.com

PASIRPENGARAIAN – Ditengah mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 si seluruh penjuru dunia, Puskesmas Kecamatan Rambah Hilir 1, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Rambah Hilir untuk selalu menjaga kesehatan,” ajak Kepala Puskesmas (Kapus) Rambah Hilir 1, Kus Aedy SKM, Kamis (2/4/2020) ketika usai melakukan penyemprotam desinfektan di Desa Muara Musu.

Pada kesempatan itu, Kapus Rambah Hilir 1 juga menjelaskan, bahwa yang Orang Dalam Pemantauan (ODP) bukan orang yang positif corona, tetapi orang yang baru pulang dari wilayah yang terjangkit Covid-19, dan dipantau selama 14 hari untuk melihat perkembangannya.

“Terkadangkan masyarakat salah persepsi, kalau orang itu berstatus ODP bukan bearti orang tersebut sudah dinyatakan positif corona, melainkan orang itu masih dalam status pemantauan,” paparnya.

Sedangkan untuk kesiapan dalam penanganan virus corona atau Covid-19 itu, lanjut Kus Aedy, Puskesmas Rambah Hilir 1 sudah menyiapkan satu Ruangan Isolasi untuk menangani pasien yang apabila ada terjangkit virus corona.

“Intinya kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan rumah, selalu mencuci tangan pakai sabun baik sebelum maupun sesudah aktivitas, dan selalu makan makanan yang bergizi,” jelasnya.

Kapus Rambah Hilir 1 itu menambahkan, untuk wilayah kerjanya pasien yang berstatus positif Covid-19 masih nol, begitu juga dengan orang yang PDP. Sedangkan yang berstatus ODP berjumlah 60 orang. (ham)