Cegah Penyebaran Covid-19, Pemerintah Kecamatan Semprot Disinfektan di Pasar Ujungbatu

PASIRPENGARAIAN – Upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dengan cara penyemprotan cairan disinfektan terus berlanjut di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Pada Ahad (6/4/2020) kemarin, Pemerintah Kecamatan Ujungbatu melakukan penyemprotan pencehagan penyebaran Covid-19 di area Pasar LKMD atau Pasar Barang Ujungbatu.

Kegiatan yang dikoordinatori pihak Kecamatan Ujungbatu terlaksana dengan kerjasama dengan pihak Rumah Sakit Awal Bros Ujungbatu, TNI-Polri, Posko Damkar Ujung Batu dan segenap relawan dari PDI-Perjuangan.

Sedikitnya puluhan personil menggunakan tangki penyemprotan di turunkan pada kegiatan itu. Selain itu, di lokasi juga terlihat dua unit Mobil Damkar dari Posko Damkar Ujungbatu yang juga melakukan penyemprotan cairan Disinfektan.

Dilokasi juga terlihat belasan relawan dari pihak Rumah Sakit Awal Bros Ujungbatu dikoordinatori Humas Awal Bros Syahrul, yang membagikan masker pada pedagang dan pembeli di pasar.

Camat Ujungbatu, Fisman Hendri SHut mengatakan, kegiatan penyemprotan cairan Disinfektan di areal Pasar Ujungbatu ini merupakan kegiatan bakti sosial dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di Kecamatan Ujung Batu.

Diakui Fisman, selain melakukan penyemprotan cairan Disinfektan, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 kepada para pedagang dan pembeli di Pasar tersebut.

“Kita juga terangkan ke Masyarakat agar tetap menjaga lingkungan dengan bersih, terapkan pola hidup sehat dan kita berharap, dengan demikian, akan terhindar dari penyakit,” papar Fisman.

Lanjutnya, sebelum dilakukannya penyemprotan di areal pasar tersebut, pihaknya terlebih dahulu memberikan pemberitahuan kepada para pemilik kios di Pasar tersebut agar menutup sementara kiosnya.

“Alhamdulillah, para pedagang antusias dan mau menutup kiosnya untuk sementara. Setelah kegiatan selesai, maka pedagang kembali membuka kiosnya dan melakukan jual beli seperti biasa,” jelasnya.

Sementara itu, Suparno salah seorang pedagang di Pasar Kelurahan Ujungbatu itu, mengucapkan terimakasih kepada pihak Kecamatan serta tim yang telah melakukan penyemprotan cairan Disinfektan tersebut.

Diakuinya, dengan adanya kegiatan penyemprotan cairan Disinfektan ini, pihaknya merasa sangat terbantu untuk pencegahan dan penyebaran Covid-19 di lokasi, dimana mereka mencari nafkah.

“Tadi kami juga diberi arahan mengenai cara pencegahan. Kemudian juga diberikan pengetahuan tentang menjaga kebersihan dan pola hidup sehat,” tuturnya.

Terlepas dari Kegiatan penyemprotan yang dilakukan pihak pemerintah, sebagai pedagang kecil, Suparno juga meminta kepada pemerintah agar membuat program yang bisa membantu pendapatan pedagang kecil.

“Saya kan pedagang sayur, saya berharap adanya bantuan pemerintah di tengah mewabahnya virus ini. Soalnya, selama ini jual beli sepi. Sementara kebutuhan rumah tangga tetap harus disediakan,” harap Suparno.