Perketat Pengawasan ODP, Pemdes Sukadamai Disenfeksi Pemukiman Sarat Penduduk

620

UJUNGBATU – Pemerintah Desa Sukadamai, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mengerahkan seluruh perangkat desa melaksanakan bakti sosial disenfeksi pemukiman sarat penduduk di Dusun III Durian Sebatang.

Selain penyemprotan disinfektan dari rumah ke rumah warga, kesempatan itu Kades Suka Damai, Afrizal Udau juga menyambangi salah satu rumah warganya yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Kita perketat pengawasan terhadap ODP agar tidak beraktifitas di luar rumah sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah selama 14 hari,” tutur Afirizal menjawab wartawan, Senin (6/4/2020).

Dirinya menyebutkan, langkah disenfeksi ini sangat penting, guna mencegah penyebaran covid-19. Untuk relawan penyemprotan cairan disinfektan melibatkan tokoh pemuda, agama, masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan RT, RW dan kepala dusun III.

“Kegiatan baksos hari ini kita fokus di Dusun III yang terdiri dari 3 RW, 9 RT, dan besok giat yang sama akan dilanjutkan ke dusun I dan II Desa Sukadamai,” jelasnya.

Selain disenfeksi, kata Kades Afrizal dirinya memprogramkan tiap RT warganya cuci tangan pakai sabun, juga dibagikan 1 masker setiap warga.

“Jadi, bukan saja himbauan dan pengawasan melalui tiap-tiap RT, kita juga prograkan cuci tangan pakai sabun, dan sudah kita bagikan juga masker,” ucap Kades Afrizal.

Dirinya juga menekankan kepada warga di desanya agar berperan mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19, dimulai dengan menjaga kesehatan diri sendiri, dan keluarga.

“Mari sama-sama menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan diri dan keluarga. Sebab, wabah virus corona ini sangat serius bukan saja menyerang 1 negara bahkan dunia. Oleh karena itu bila bukan dari kita yang memulai, kapan lagi kita realisasikan Desa Sukadamai bebas virua corona,” ajak Kades Afrizal memotifasi warganya.