Kabupaten Rokan Hulu Pendaftar Terbanyak Penerima Kartu Pra-Kerja Se-Riau

794

PASIRPENGARAIAN – Hingga hari Ini Rabu (08/04/2020), 4.000 lebih masyarakat Kabupaten Rokan Hulu telah mendaftar sebagai penerima kartu -pra-kerja yang dikeluarkan oleh Presiden RI, H Joko Widodo.

Hal ini disampaikan oleh kepala Dinas Koperasi, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kadiskoptransnaker) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Zulhendri, S.Sos, M.IP kepada awak media Riausmart.com.

Dalam pengakuan Kadiskoptransnaker, Kabupaten yang dijuluki Negeri Seribu Suluk adalah Kabupaten dengan masyarakat terbanyak se-Riau yang mendaftar kartu pra-kerja.

” Sejauh ini Kabupaten Rokan Hulu memang terbanyak yang mendaftar sebagai penerima kartu pra-kerja dibanding Kabupaten lain yang ada di Provinsi Riau saat ini,” jelas Zulhendri.

Untuk Riau, pemerintah pusat telah memberikan kuota sebesar 92.893 orang penerima Kartu pra-kerja. Namun, hingga tahap 1 selesai, masyarakat Riau yang terdaftar hanya 25.796 orang, sehingga kekurangan kuota mencapai 67.097 orang. Hal ini membuat Pemerintah Provinsi Riau kembali menggelar pendaftaran penerima Kartu pra-kerja tahap 2 yang dibuka hingga 10/04/2020 mendatang.

” Untuk tahap 1 lalu, masyarakat Kabupaten Rokan Hulu yang mendaftar sebanyak 3.141 orang, dan untuk tahap 2, hingga hari ini telah mendaftar sekitar 1.400-an orang. sehingga ditotalkan telah mencapai 4.000 lebih yang telah mendaftar dan ini bisa terus bertambah,”jelas Zulhendri.

” Kita tidak bisa menentukan angka pastinya, mengingat data pendaftar online langsung diterima pihak Provinsi, Sehingga kami tidak tahu pasti berapa orang yang telah mendaftar melalui online,” tambahnya

Zulhendri berharap masyarakat Kabupaten Rokan Hulu tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan kartu pra-kerja yang dikeluarkan oleh Presiden RI.

” Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat Rokan hulu untuk mendaftar sebagai penerima kartu pra-kerja, tentunya dengan syarat dan kriteria yang telah disampaikan. Untuk lulus atau tidaknya, kita serahkan ke pihak pusat. Yang pasti mendaftar saja terlebih dahulu,” imbuhnya.

Untuk pendaftaran, Masyarakat dapat melakukannya dengan dua cara, yakni melalui Dinas Koperasi, Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rokan Hulu yang bekerjasama dengan seluruh kepala Desa atau melalui Online.

” Pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara, pertama melalui Diskoptransnaker, yakni dapat mendaftar melalui kepala Desa masing-masing yang datanya akan diserahkan langsung ke kami nantinya, atau dengan cara kedua yakni melalui online dengan mengisi formulir di link https://forms.gle/Fv4ERwziD5ksHJu9A ,” tambah Zulhendri.