Tidak Sedikit, Berikut Rincian Insentif Yang Kamu Terima Bila Mendapat Kartu Pra Kerja

225

JAKARTA – Guna  menekan dampak ekonomi dari penyebaran wabah virus Corona  (Covid-19), Pemerintah Pusat membuka pendaftaran penerima Kartu Pra kerja seperti yang tercantum dalam peraturan presiden Nomor 36 tahun 2020 tentang pengembangan Kompetensi Kerja melalui program Kartu Pra Kerja.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartano mengungkapkan nantinya peserta program Kartu Pra Kerja akan mendapatkan insentif dan bantuan pelatihan totalnya Rp 3.550.000.

Jika dirinci, insentif “gaji” yang diterima peserta Pra Kerja tersebut meliputi biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, lalu insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

“Kami berharap program ini dapat membantu daya beli para pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan kehilangan mata pencaharian,” kata Airlangga seperti dikutip dari Antara, Rabu (1/4/2020).

Dana tersebut akan ditransfer dalam beberapa tahap selama 3-4 bulan yang masuk ke dompet digital atau e-wallet peserta program tersebut jika telah diterima segera setelah selesai proses daftar Kartu Pra Kerja online.

Peserta program lalu bisa mengikuti pelatihan yang yang bisa dilakukan secara online. Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta program nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga yang diikutinya.

Pembayaran hingga pemilihan tempat pelatihan peserta Kartu Pra Kerja dilakukan dengan menggandeng sejumlah marketplace dan situs-situs yang menyelenggarakan pelatihan digital.