DPRD Desak Pemkab Rohul Data Warga Terdampak Covid-19 Secara Maksimal

229
Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST
Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST

PASIRPENGARAIAN – Ditengah pandemi Virus Corona atau Covid-19 perekonomian masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) secara seknifikan menurun. Untuk DPRD Rohul mendesak Pemerintah Kabupaten Rohul segera mendata warga secara maksimal.

Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST, Senin (13/4/2020) mengatakan, meski Pemkab Rohul sekarang dalam penanganan Covid-19 saat ini sudah berada pada jalur yang tepat dan maksimal namun Pemkab Rohul tentunya juga harus mendata warga dengan maksimal yang terdampak Covid-19 ini.

“Dalam penanganan Covid-19 saat ini Pemkab Rohul telah melakukan pada jalur yang tepat dan maksimal. Tetapi kita juga minta kepada Pemkab Rohul untuk melakukan pendataan warga yang perekonomiannya menurun ditengah wabah ini,” tutur Wanda.

Menurutnya, pendataan warga yang terdampak ditengah pandemi Covid-19 ini sangat penting, guna untuk menjamin seluruh warga Rohul yang berhak mendapatkan bantuan jaminan sosial.

“Ketika nanti ada bantuan jaminan sosial dan bantuan baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten, bantuan itu bisa tepat sasaran dan benar-benar diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak ekonominya karena wabah Covid-19,” ujarnya.

Lanjutnya, setiap kali rapat bersama pemerintah, DPRD Rohul selalu menyampaikan agar pemerintah membuat berbagai skenario dan skema penanganan pandemi Covid-19 ini.

“Dalam menghadapi situasi seperti saat ini tidak boleh hanya satu skema yang disiapkan tetapi harus siap berbagai macam skema. Seandainya kasusnya ringan penanganannya seperti apa dan anggaran yang dibutuhkan berapa,” paparnya.

Wanda mengakui, skema dan skenario penanganan ini sangat penting disiapkan, supaya Pemkab Rohul tidak terlambat mengambil kebijakan dalam pencegahan penyakit cepat menular itu.