Update Perkembangan Covid-19 di Rohul Terkoneksi ke Pusat

257

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus melakukan upaya dalam penanganan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Rohul mengelola Aplication Program Interface (API).

Melalui API tersebut, Pemkab Rohul melalui Dinas Kominukasi dan Informasi (Diskominfo) Rohul terus melakukan penyampaian update data perkembangan penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Rohul dan terhubung secara online ke pemerintah Pusat.

Kepala Diskominfo Rohul, Drs Yusmar MSi didampingi Kabid e-Goverment, M Yudi Alfian SP MSi kepada wartawan, Rabu (15/4/2020) menjelaskan, update data perkembangan penanganan pencegahan Covid-19 saat ini telah terkoneksi ke Pusat. Penerapan dan pengelolalan API ini menindakalnjuti instruksi dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia.

“Melalui API yang kita kelola, seluruh data terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten Rohul sudah terbaca ataupun terkoneksi langsung ke data Pusat. Tujuan API untuk mempermudah penyampaian laporan data Covid-19 dari daerah ke pusat sebagai Suplay data untuk kebutuhan Nasional,” paparnya.

Lanjut Yusmar, penyampaian data laporan perkembangan Covid-19 melalui website corona.rokanhulukab.go.id yang telah terkoneksi dengan API dan secara otomatis langsung masuk ke data BNPB yang dijadikan sebagai acuan data nasional terkait Covid-19 di Kabupaten Rohul.

Dengan adanya API tersebut, maka secara otomatis data perkembangan Covid-19 terintegrasi ke pusat. Dengan sendirinya, Pusat tidak perlu lagi meminta data perkembangan Covid-19 ke daerah, melainkan datanya sudah ada di aplikasi tersebut.

Ditambahkannya, masyarakat dapat mengetahui informasi perkembangan update data penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Rohul, melalui website corona.rokanhulukab.go.id maupun di media sosial Dinas Kominfo Rohul, sebagai sumber resmi dari Pemerintah Kabupaten Rohul terkait perkembangan Covid-19 di rumah sakit rujukan maupun data di 16 kecamatan se Rohul.