Ditengah Pandemi Covid-19, Rionaldi Mahasiswa UPP Selesaikan Studinya 3,8 Tahun

Rionaldi salah seorang Mahasiswa UPP yang menamatkan kuliahnya selama 3,8 tahun
Rionaldi salah seorang Mahasiswa UPP yang menamatkan kuliahnya selama 3,8 tahun

PASIRPENGARAIAN – Meski ditengah Pandemi Virus Corona Disease 2019 atau Covid-19, namun proses perkuliahan dan juga proses ujian akhir skripsi di Universitas Pasirpengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tetap berjalan sebagaimana biasa.

Hal itu terbukti salah satu mahasiswa UPP Fakultas Ekonomi (FE) Program Studi (Prodi) Akutansi, Riaonaldi telah dinyatakan lulus ujian skirpsi secara online dan menyelesaikan kuliahnya di UPP selama 3,8 tahun.

Ketua Prodi Akuntansi FE UPP, Nurhayati MSi, Jumat (17/4/2020) mengatakan, salah seorang mahasiswa UPP Prodi Akutansi yang mengikuti ujian kripsi melalui online telah lulus dan menyelesaikan perkuliahannya dengan rentang waktu selama 3,8 tahun.

“Alhamdulillah, Rionaldi salah seorang mahasiswa kami telah lulus mengikuti ujian skripsi secara online dan menamatkan pendidikannya di UPP ini sekitar 3,8 tahun,” tuturnya.

Nurhayati menambahkan, bahwa Rionaldi menyelesaikan studinya dengan cepat selama 3,8 tahun dan lulus dalam ujian online beberapa hari yang lalu.

“Ditengah pandemi Covid-19 ini proses perkuliahan di UPP tetap berjalan dan mahasiswa kami bernama Rionaldi dengan cepat menyelesaikan pendidikannya di UPP,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi UPP, Arrafiqur Rahman MM menjelaskan, bahwa sebagai wujud dalam mencapai salah satu visi UPP menuju kampus teknopreneur 2035, kondisi saat ini memberikan kita tantangan untuk mampu menggunakan seluruh fasilitas teknologi yang ada.

“Sehingga  semua layanan tetap bisa berjalan melalui sistem online, seperti perkuliahan, layanan administrasi, layanan bimbingan penelitian tugas akhir, ujian sidang proposal dan skripsi, semunya harus berjalan dengan baik,” paparnya.

Kemudian Rafiq memaparkan, bahwa mahasiswa FE UPP telah lulus ujian sidang skripsi sebanyak 16 orang secara online, dimana mahasiswa tersebut melaksanakan ujian itu dirumahnya masing-masing.

“Dari 16 orang tersebut terdiri dari 13 orang Program Studi Akuntansi dan 3 orang dari Program Studi Manajemen. Begitu juga dengan ujian proposal penelitian, Alhamdulillah juga telah lulus sebanyak 18 orang selama masa pandemi ini, 11 orang dari Akuntansi dan 7 orang dari Manajemen,” ujarnta.

Dijelaskan Rafiq, Fakultas Ekonomi UPP telah menyiapkan beberapa bentuk pelaksanaan ujian online khusus untuk mahasiswa ujian sidang skripsi, mengingat kondisi daerah tempat tinggal mahasiswa yang berbeda-beda.

“Bagi mahasiswa yang daerahnya memiliki akses jaringan data yang bagus kita lakukan dengan system video conference menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah banyak disediakan secara online,” ungkapnya.

Namun bagi mahasiswa yang daerahnya tidak memiliki akses jaringan data yang bagus, atau juga karena kondisi ekonomi harus ada biaya paket data, maka Fakultas Ekonomi UPP lakukan menggunakan telewicara atau telefon conferensi.

“Sehingga proses sidang tetap berjalan dalam satu forum online, antara mahasiswa, pembimbing dan para penguji. Pelaksanaan proses ujiannya tidak mengurangi substansi ujian sidang seperti biasanya, para penguji bertanya dalam melihat kompetensi mahasiswa, begitu juga mahasiswa harus mampu memberikan argumentasi ilmiahnya,” tutup Rafiq.