Berbeda Dari Tahun Sebelumnya, Acara Potang Balimau di Rohul DITIADAKAN

PASIRPENGARAIAN – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Kakan Kemenag Rohul, Syahrudin, M.Sy Pastikan tahun ini Kabupaten Rokan Hulu tiadakan resepsi potang balimau menjelang bulan suci Ramadhan.

Tradisi Potang Balimau atau mandi dengan air limau ini merupakan tradisi turun temurun warga Rohul. Tradisi ini dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan. Dimana, sebelum bulan puasa tiba, warga bersilaturahmi dengan mandi di sungai.

Ditiadakannya Potang Belimau bukan tidak beralasan, hal ini mengingat kondisi Pandemi Corona Virus (Covid-19) yang saat ini belum mereda di Indonesian khususnya Kabupaten Rokan Hulu.

“Mengingat pandemi wabah COVID-19 saat ini, untuk menghindari terjadinya perkumpulan di satu tempat, maka kami tiadakan potang balimau,” jelas Syahrudin.

Selain itu, Kakan Kemenag Rohul juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Rohul untuk tidak melakukan potang balimau di surau-surau maupun masjid demi terjaganya berkumpulnya warga di satu tempat.

” Bila ingin melakukan potang balimau, masyarakat disarankan untuk melakukannya dirumah bersama keluarga masing-masing,” tandasnya