Hindari Terserang Covid-19, Berikut Tips Dari ANE MARANTIKA

436

PASIRPENGARAIAN – Sampai hari ini Sabtu (18/04/2020) Indonesia masih berjuang dalam melawan penyebaran wabah virus Covid-19.

Dalam pencegahan virus Covid-19 di Indonesia, seluruh elemen bersatu dalam memerangi wabah virus ini dengan salah satu nya pola hidup sehat.

Dalam pencegahan virus Covid-19, Ane Marantika,Amd.Keb salah satu warga Km 12 Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu, yang saat ini sedang melanjutkan S1 nya di Jogja mempunyai tips yang bisa di lakukan seluruh elemen masyarakat.

1.Sering mencuci tangan pakai sabun

Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dengan teknik 6 langkah cuci tangan selama 20 detik. Hal ini bisa melindungi anda dari penyakit.

2.Jaga kebersihan lingkungan

Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam

3.Tidak merokok

4.Minum air mineral 8 gelas/ hari

5.Konsumsi gizi seimbang, perbanyak  makan sayur dan buah

6.Pola makan yang sehat

7.Tinggi protein dan banyak minum air putih dan makan buah, konsumsi lemak, konsumsi serat dan pilihlah karbohidrat yang kompleks. Hindari makan daging olahan biasa (nagget), makanan kaleng, minuman instan, dan makanan siap saji.

8.Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

9.Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan seperti :

yoga untuk mengatasi strees, sakit punggung, nyeri sendi, memperlancar peredaran darah, serta meningkatkan kualitas tidur.

10.Renang untuk meningkatkan kekuatan tulang, menyehatkan jantung dan paru-paru, relaksasi otot.

11.Aktifitas kebugaran reguler (Gym) untuk memperlancar metabolisme dan detoksifikasi membakar lemak meningkatkan stamina.

12.Makan makanan yang dimasak sempurna dan Jangan mengonsumsi daging yang tidak masak atau daging hewan yang berpotensi menular.

Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

13.Jangan lupa berdoa

Di samping itu Ane Marantika juga berharap Tips yang di berikan bermanfaat untuk masyarakat dan agar wabah virus Covid-19 cepat berlalu.

“Semoga aja tips yang saya berikan bisa bermanfaat serta dilakukan oleh masyarakat Rokan Hulu dan juga kita berdoa agar wabah Covid-19 ini cepat berlalu”.Ucap Ane Marantika,Amd.Keb

(MSI)