Bantuan Covid-19 Dinilai Lambat, Samian : Pemerintah Harus Bergerak Cepat

440

PASIRPENGARAIAN – Ditengah wabah virus corona (Covid-19) yang berdampak pada berbagai sektor, aktivis mahasiswa yang juga ketua Biro Hubungan Komunikasi Pemerintah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Pekanbaru, Samian, berharap tidak ada polemik yang terjadi di tengah masyarakat, Sabtu (02/05/2020)

Menurut Samian, disituasi pandemi seperti ini pemerintah tidak bisa hanya mengeluarkan kebijakan-kebijakan saja, melainkan juga berupa solusi yang dibarengi tindakan nyata.

” Pemerintah tidak bisa hanya mengeluarkan kebijakan saja, tapi harus dibarengi juga dengan berbagai solusi yang kongkrit untuk menambal keluhan-keluhan masyarakat terutama masalah pemenuhan kebutuhan pokok,” papar samian.

Samian juga menilai kinerja pemerintah sejauh ini sangat lamban dalam penanganan virus corona.

“Disini kinerja pemerintahan diuji mulai dari eksekutif,legislatif dan yudikatif, kita tahu kebiasaan-kebiasaan pemerintah melalui kinerja birokrasinya yang teknis dan terkesan lamban dan bertele tele, tidak bisa diterapkan dalam situasi krisis sekarang ini, pemerintahan ditengah wabah virus Corona ini harus menggunakan pendekatan etis (prinsip-prinsip moralitas), pemerintah harus bergerak cepat melampaui kecepatan bergeraknya pandemi covid19 ini” tambah nya.

“Terjadi silang argumentasi antara organisasi masyarakat dan salah satu pimpinan Dprd Rokan Hulu, apa yang dilakukan oleh organisasi masyarakat ini kepada pemerintahan sebenarnya tumbuh beralaskan stigma yang beralasan, pasalnya sejak dibentuknya gugus tugas oleh pemerintahan pusat belum ada tindakan-tindakan kongkrit kepada masyarakat Rokan Hulu yang sedianya sudah mendambakan bantuan ini. Pemerintahan dalam hal ini harusnya melihat akar permasalahan nya apa, sehingga masyarakat secara swadaya datang meluangkan waktunya demi menyampaikan kritikan terkait kebijakan penanganan corona ini yang lamban adanya. sebagai pemerintah seharusnya lebih jernih melihat dan menanggapi aspirasi dari masyarakat, pahami dulu materi yang dibawa baru melakukan dialektika yang rasional karna sejatinya tujuan kita sama yaitu dalam rangka memerangi pandemi covid 19 beserta dampak-dampaknya,  karna terkadang apa yang dilakukan oleh pemerintah melalui kebijakan-kebijakannya” jelas samian panjang lebar.

Menurut Samian, Selain lamban, pemerintah pusat juga dinilai  terlalu berbelit-belit dalam aturan yang yang dibuat.

“karna berubah-ubahnya kebijakan pemerintah pusat makanya terjadi keterlambatan dalam mendistribusikan bantuan. semoga wabah covid 19 ini cepat berlalu” Tutup Samian.

(Ham)