Peringati HARDIKNAS, M Syafi’i : Guru Harus Berinovasi Dengan Teknologi Pembelajaran

209

PASIRPENGARAIAN – Indonesia kembali memperingati satu di antara hari bersejarah dalam masa perjuangan menuju kemerdekaan, yakni Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Berbeda dari tahun sebelumnya yang biasanya, Pemerintah, Guru, siswa dan mahasiswa mengadakan upacara memperingati hari Pendidikan Nasional, nyatanya tahun ini agenda itu harus ditiadakan karena Pandemi Virus Corona (Covid-19).

Melalui Riausmart.com, Dr M Syafi’i selaku Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau mengucapkan selamat Hardiknas kepada seluruh Guru, Dosen, pengabdi negeri dalam mencerdaskan anak bangsa menuju kemajuan yang gemilang.

” Manusia melalui pendidikan merupakan satu satunya makhluk yang sempurna dihadirkan diatas dunia ini oleh Allah SWT. Melalui proses yang berkelanjutan, manusia diberikan akal dan pikiran sebagai bentuk manusia mempunyai peradaban dan berpendidikan,” jelas Syafi’i

Peradaban dan pendidikan tentunya akan membentuk karakter manusia sebagai makhluk yang sempurna dan menjaga bumi dimasa mendatang.

Dalam pengakuan Syafi’i, Tahun ini dan mungkin tahun tahun berikutnya merupakan awal terjadinya perubahan peradaban yang dimulai dari datangnya wabah covid-19.

” Hal ini sesuai dengan tema  hardiknas kita di tahun ini BELAJAR DARI WABAH COVID-19,” tambahnya

Ketua PGRI Riau berpandangan, Ketika Covid-19 merubah arah peradaban dunia disegala sektor, maka pendidikan juga akan mengalami pergeseran. Sehingga berdampak guru mesti pintar berteknologi.

” Kita pastinya tidak akan berhenti dalam berinovasi pembelajaran menuju Pendidikan Riau lebih baik. Teknologi yang berarti mudah sudah akan dominan kedepannya menjadi sarana pembelajaran,” jelas Syafi’i

” Guru tidak akan pernah tergantikan dengan teknologi, tapi kalau guru tidak berteknologi, maka tidak akan disenangi siswa dan siswinya. Maka, ayo guru Riau berinovasi dengan teknologi pembelajaran,” tambahnya.