Paripurna dan Banmus Sering Ditunda, Wanda : Anggota DPRD Rohul Masih Malas-Malasan dan Tidak Disiplin

387

PASIRPENGARAIAN – Melihat agenda paripurna dan Banmus anggota DPRD Rokan Hulu yang sering kali terlambat dan bahkan ditunda karena banyaknya anggota dewan yang tidak hadir, nyatanya membuat ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, turut memberikan kritikan terhadap sesama wakil rakyat tersebut.

Dalam pengakuan Wanda, masih banyak anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu yang masih malas-malasan atau tidak disiplin dalam menghadiri agenda paripurna maupun Badan Musyawarah (Banmus) di Gedung DPDR Rohul.

” Itulah yang terjadi saat ini, kita sering melihat masih banyaknya anggota DPRD Rohul yang tidak disiplin waktu dalam menghadiri agenda paripurna maupun Banmus, sehingga sering kali agenda terpaksa diskor beberapa jam bahkan ditunda di hari yang lain,” jelas Wanda, Selasa (05/05/2020)

Dalam pengakuan Wanda, kemalasan dan tidak disiplinnya anggota dewan itu selalu menjadi penyebab molornya agenda dewan di Kabupaten yang dijuluki Negeri Seribu Suluk itu.

“Akibat kemalasan itu, banyak agenda dewan yang terpaksa mundur dari jadwal seharusnya,” ungkapnya.

Sering kali, agenda baik Paripurna maupun Banmus di Gedung DPRD kabupaten Rokan Hulu terpaksa di Skorsing maupun diundur akibat tidak kourum, seperti yang terjadi hari ini, yang agenda Rapat Banmus DPRD Rohul yang seharusnya dijadwalkan pukul 9.30 WIB pagi. Namun, karena banyak diantara anggota dewan tak hadir, maka rapat baru bisa dimulai sekira pukul 12.30 WIB.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Rohul Nono Patria Pratama juga menyampaikan kritikan kepada sesama anggota dewan.

Dalam pandangan Nono, anggota dewan saat ini tidak fokus dan tak mengerti tanggungjawab serta pentingnya agenda kedewanan.

“Ada anggota yang menjadikan kerja anggota dewannya  sebagai sampingan saja dan tak mau melepas usahanya sehingga tidak bisa fokus,” kata Nono.

Anggota dewan dari fraksi Golkar ini mencontohkan dirinya yang telah menjadi anggota dewan selama 3 periode, dia sudah melepas semua usaha yang dia miliki untuk fokus pada pekerjaannya sebagai wakil rakyat.

“Kalau dulu, anggota yang sibuk mencari pimpinan karena pimpinannya lalai. Sekarang, semua anggotanya malas dan tak disiplin. Itu kan terbalik,” urainya.

Tidak hadir dalam pertemuan itu adalah Wakil Ketua DPRD Rohul Sahril Topan, Ketua Badan Kehormatan DPRD Rohul, Syahbana Lubis dan sejumlah anggota lainnya.

“Itulah gawatnya. Ketua Badan Kehormatan (Bakor) pun jarang hadir pula,” tandas Nono.