Terkait BLT di Desa RTH, Berikut Ulasan Rudi Hartono

180

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Desa Rambah Tengah Hilir (Pemdes RTH) sedang melakukan pendataan penerimaan Bantuan Langsung Tunai(BLT) untuk masyarakat wilayah RTH.

Pendataan dilakukan oleh RW/RT dan Satgas covid-19 Desa RTH, Pemdes RTH masih proses pendataan warga miskin untuk di masukan dalam BLT dana Desa dan sudah 84 KK Warga miskin yang sudah di data oleh Pemdes RTH.

” Sudah terdata 84 KK diluar penerima PKH, BPNT, Kemensos dan pra-kerja, intinya seluruh yang sudah mendapat bantuan dari pusat, maka tidak terhitung lagi,” jelas Rudi Hartono selaku Kades RTH.

Rudi mengatakan Pemdes RTH akan segera melakukan Musyawarah Desa yang akan di ikuti oleh berbagai elemen masyarakat untuk pembahasan BLT.

“Terkait BLT Pemdes RTH saat ini sudah melakukan pendataan untuk warga miskin yang akan mendapatkan BLT tersebut dan besok akan di adakan musyawarah desa RTH perihal BLT dana Desa”.Ucap Rudi

Selain itu Rudi Hartono menambahkan bahwa ada beberapa kriteria yang harus di penuhi dalam BLT.

“Ada 14 Kriteria yang di turunkan mentri terkait BLT yang mana dari 14 tersebut harus ada minimal 5 kriteria yang harus di penuhi dari KK yang menerima BLT, salah satunya seperti Keadaan Rumah, Pakaian, penghasilan dan pola makan sehari harinya”.Tutur Rudi.

Dalam penanganan penyebaran dan dampak covid-19 di Desa RTH menyiapkan anggaran 130 juta di luar BLT, kemudian berbagai program yang dijalankan Kades Rudi Hartono untuk meringankan warga nya, mulai dari melakukan penyemprotan disenfektan hingga memberikan sembako kepada warga desa RTH.

Kades Karismatik Rudi Hartono juga menghimbau agar masyarakat untuk tidak mudik di tahun ini.

“Kita himbau masyarakat RTH untuk tidak mudik di tahun ini, agar penyebaran virus covid19 terputus,karena kan kita tidak tahu siapa yang akan membawa virus tersebut ke wilayah kita”.Ucap Kades Rudi Hartono.

(MSI)