Serius Dalam Penanganan Covid-19, Berikut UPAYA DESA PEMATANG BERANGAN

PASIRPENGARAIAN – Bentuk keseriusan dalam penanganan Covid-19 di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah Rohul, Kepala Desa, Maisar didampingi Ketua BPD Desa Pematang Berangan Khairul Sasmi dan Sekretaris Desa, Majrizal melakukan Video Converence (Vicon) bersama Bupati Rokan Hulu H. Sukiman untuk memberikan laporan terkait Covid-19 di Desa Pematang Berangan yang terletak di tengah Kota Pasir Pengaraian itu.

Walaupun dihadiri lebih dari 60 orang Aparatur pemerintahan Desa Pematang Berangan, nyatanya kegiatan Video Converence bersama Bupati Rokan Hulu tetap menta’ati protokol kesehatan Covid-19, yakni Sosial Distancing (Menjaga jarak), Senin (18/05/2020) di Aula Kantor Desa Pematang Baih.

Dalam pengakuan Kepala Desa Pematang Berangan, Maisar melaporkan Pemerintah Desa Pematang Berangan telah melakukan beberapa upaya dalam pencegahan Covid 19, diantaranya Melakukan Pembagian Masker Sebanyak 6 Ribuan Masker yang dibagikan kepada Seluruh Warga Desa, tanpa terkecuali, Melakukan Penyemprotan Desinfektan Sebanyak 3 Tahap Rutin setiap pekan sebelum Bulan Ramadhan Lalu, Penyemprotan Desinfektan rutin Setiap pekan di Rumah-rumah ibadah hingga saat ini, melakukan kontrol warga yang masuk ke wilayah Desa Pematang Berangan Oleh perangkat RT dan RW di masing-masing Dusun, serta melakukan pendataan kepada warga tidak mampu yang terdampak Covid-19 untuk diberikan Bantuan Sosial.

” Itu semua kami lakukan demi menjaga warga Desa kami dari wabah Covid-19 yang melanda Dunia saat ini,” Ujar Maisar yang juga menjabat Sekretaris DPD Apdesi Kabupaten Rokan Hulu.

Disela-sela kegiatan Vidcon tersebut Bupati Rokan Hulu H. Sukiman juga tidak henti-hentinya berpesan kepada seluruh desa di Rokan Hulu khususnya di Desa Pematang Berangan yang berada di Pusat Ibukota untuk selalu tanggap dalam pencegahan Virus Corona atau Covid 19, bagi warga masyarakat selalu menggunakan masker, Cuci Tangan rutin, Physical Distancing dan Senantiasa Menerapkan Protokol Covid 19 jika keadaan Mendesak dalam mengumpulkan orang Banyak.

Video Converence Bupati Rokan Hulu dengan Pemerintah Desa di Kecamatan Rambah Khususnya Desa Pematang Berangan ini ditanggapi dengan kesan bahwa ditengah Wabah Corona ini Desa Pematang Berangan akan senantiasa selalu Berkoordinasi dengan Bupati Rokan Hulu mengingat Desa Pematang Berangan adalah wilayah Episentrum Kawasan Ibukota Rokan Hulu yang berpusat di Pasir Pengaraian dengan Masyarakat yang sangat Heterogen, hal tersebut diungkapkan oleh salah satu RT di Dusun Pematang Baih Icandra.

” Sebagai pusat Ibukota Rokan Hulu, wilayah Desa Pematang Berangan terdiri dari Seluruh Unsur Masyarakat baik itu dari Seluruh Suju, Golongan dan Jabatan, jadi sangat wajar untuk Tetap Selalu tanggap dalam mencegah menularnya wabah Covid 19 di Desa Pematang Berangan ini, tetap Waspada,” ujar RT 01/RW 01 Pamatang Baih ini.