Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19, Pemda Rohul Mendapat APRESIASI

197

PASIRPENGARAIAN – Dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia, 124 Kabupaten Kota masuk zona Hijau Covid-19, salah satunya Kabupaten Rohul yang masuk Zona Hijau karena berhasil melakukan pencegahan dan menekan angka Covid-19 secara Nasional.

Berkat kerja keras Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tersebut,  Pemkab Rohul mendapat apresiasi dari Tim Gugus Tugas Pusat dan Gubernur Riau.

“ Malam ini kita mendapat apresiasi dari Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo, Bahwa Kabupaten Rohul masuk salah satu dari Kabupaten yang memiliki Kasus Positif Covid-19 terendah / minim kasus di Indonesia,” jelas Bupati Rohul, Sukiman

“ Ini dinilai dari 514 Kabupaten/Kota se Indonesia, ada 124 Kab/Kota yang minim kasus, salah satunya Kabupaten Rokan Hulu, di Provinsi Riau ada 3 Kabupaten, yaitu Rohul, Rohil dan Kuansing,” kata Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mewakili Bupati Rohul H. Sukiman kepada Media Center Diskominfo Rohul usai mengikuti Video Conference bersama Tim Gugus Pusat, Gubri dan 124 Kabupaten/Kota Zona Hijau Covid-19, Kamis (21/5/2020) malam.

Dijelaskan Abdul Haris, Masuknya Rohul dalam Zona Hijau secara Nasional merupakan keberhasilan Tim Gugus Rohul dalam penanganan dan menekan angka Covid-19, setelah adanya satu pasien terkonfirmasi positif, berkat kerjasama semua pihak di Rohul dengan melakukan Streecing sehingga kasus ini bisa ditekan dan telah melakukan isolasi-isolasi setiap orang yang kontak dengan Pasien Positif.

“ Setelah Pasien Positif sembuh, sehingga Alhamdulillah seluruh kontak dengan pasien positif ini tidak ada satu pun yang terpapar, sehingga kita kembali zero dan juga kita melihat jumlah ODP 6.949 orang ini bertanda ketatnya pintu masuk Rohul, pecatatan-pencatatan masyarakat baik masyarakat yang ke Rohul atauu Warga Rohul yang kembali dari Zona Merah ini memang sangat ketat, sehingga kita mencapai angka ODP hampir 7 ribu orang,” kata Abdul Haris.

Kemudian PDP, kata Sekda Rohul ini sampai hari ini juga sudah sangat minim sekali, dari angka 43 orang, yang sehat sudah mencapai 30 orang dan masih dirawat 3 orang, namun telah menunjukkan klinis dan gejala yang baik, sehingga semua ini menjadi salah satu contoh, Rohul termasuk Kabupaten yang berhasil menekan minimnya Covid-19 di Indonesia.

“Kita berterima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat dan tadi juga disampaikan bahwa salah satu Kabupaten yang nantinya akan dijadikan Contoh, ada beberapa Program-Program yang akan dilakukan segera, bagaimana kita keluar dari permasalahan Covid-19 ini,” kata Abdul Haris.

Untuk mempertahankan Rohul tetap masuk Zona Hijau, Abdul Haris mengaku apa yang sudah dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten Rohul saat ini akan ditingkatkan pengawasan dipintu-pintu masuk dan Posko Perbatasan, yang paling penting adalah tetap meningkatkan dan mempertahankan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat mematuhi Protokol Kesehatan.

“Untuk mempertahankan ini tentunya akan kita tingkatkan pengawasan, apalagi kesadaran masyarakat juga sudah tinggi, seperti memakai masker, menjaga prilaku hidup bersih dan sehat, menjaga jarak baik sosial distancing maupun physical distancing,”

“Dan juga bagaimana kita bersama-sama berupaya memahami bahwa Covid-19 yang berbahaya bagi kita semua dan memerlukan upaya bersama seluruh masyarakat memiliki peranan begitu kuat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini, agar kita tetap berada di Zona Hijau nantinya,” pungkasnya