Pemkab Rohul BELUM Penuhi Janji, Novella Terancam Gagal Jadi Dokter, Harapkan Donasi

956

PEKANBARU – Dalam kurun waktu 8 hari, donasi yang tersalurkan untuk Novella, mahasiswa asal Kabupaten Rokan Hulu yang dijanjikan beasiswa oleh Bupati Rohul sebelumnya, namun ngandat ditengah jalan, mencapai Rp.33.120.806.

Kisah pilu gadis bernama lengkap Novella Putri Whanda ini sempat Viral di dunia Maya beberapa hari terakhir.

Dikisahkan, awalnya Novella merupakan siswa berprestasi asal SMAN 1 Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Dia berhasil menjuarai Pidato pentas PAI tingkat Nasional pada tahun 2014 silam. Efek baik dari kegigihannya tersebut, Novella dihadiahi Beasiswa dari Pemerintah Daerah untuk melanjutkan perkuliahan di Fakultas Kedokteran di Universitas Trisakti, Jakarta.

Namun, efek pergantian kepala daerah, membuat nasibnya terkatung-katung tak menentu.

Dikutip dari Kumparan.com, Achmad M.Si yang merupakan bupati saat itu mengatakan bahwa beasiswa yang diberikan kepada Novella, merupakan beasiswa Pemkab Rohul.

” Waktu itu, saya (sudah) sampaikan ke Pak Parman (Suparman, Bupati) dan Pak Sukiman (Wakil Bupati), supaya ini dilanjutkan. Oke lanjut, gitu kata mereka. Bantuan ini atas nama Pemkab, bukan nama saya pribadi, nah itu mereka (Pemkab) lah lagi,” cerita Achmad, Minggu (07/06/2020).

Sayangnya, baik di masa Suparman menjabat Bupati, dilanjutkan Sukiman, program ini tak dilanjutkan kembali. Sehingga hutang perkuliahan Novella di Universitas Trisakti mencapai Rp. 545.190.000.

Akibat dari hutang yang belum terlunasi tersebut, Novella terpaksa menghentikan langkahnya untuk dapat mengikuti Co-asst (Pendidikan Profesi Dokter) dan dampak lain yakni Novella belum bisa diwisuda.

” Dan ternyata saya belum bisa diwisuda jika biaya pendidikan saya belum dilunasi,” tulis Novella dalam akun Facebook miliknya.

Walaupun  beasiswa dari Pemkab Rohul kepada Novella belum begitu jelas, nyatanya, bantuan donasi di link https://kitabisa.com/campaign/bantunovellakuliahlagi?utm_source=socialsharing_donor_web_null untuk Novella hingga Minggu (07/06/2020) telah mencapai Rp. 33.120.806.

Terlihat puluhan relawan turut menyumbang dari Lima Ribu rupiah, Hingga 5 Juta Rupiah.

Tentunya, dengan banyaknya relawan yang menyumbang untuk melunasi biaya pendidikan Novella, akan mendorong Gadis tersebut untuk dapat mewujudkan  mimpinya sebagai dokter.

Bagaimana tanggung Jawab Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu atas beasiswa yang dijanjikan untuk Gadis berprestasi asal Ujung Batu tersebut selanjutnya?