Lakukan Kunjungan Ke Objek Wisata Air Panas Rokan IV Koto, Sukiman : Akan Kita Kembangkan

251

PENDALIANIVKOTO – Dalam rangka memberdayakan potensi wisata alam yang ada di Desa Air Panas Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul, Pemkab Rokan Hulu (Rohul) berupaya kembangkan dan menata destinasi wisata alam Rohul tersebut.

Bupati Rohul, H Sukiman mengatakan hal itu demi meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Rokan Hulu serta menambah perekonomian masyarakat, Senin (08/06/2020) saat kunjungan Bupati Rohul di Desa Air Panas, Rohul.

“Kawasan objek wisata Hutan Air Panas sudah kita tinjau bersama Kepala Dinas dan Kades. Objek wisata tersebut berpotensi dan bagus dengan luas sekitar 4 hektar. Langkah pertama kita akan ukur bersama BPN Rohul agar segera lahannya dibuatkan sertifikat,“ kata Bupati Rohul H. Sukiman.

Setelah sertifikat dilengkapi, lahan seluas 4 hektar itu akan dikembangkan menjadi salah satu wisata alam di Kabupaten yang dijuluki Negeri Seribu Suluk itu.

“Luas 4 hektar lahan itu nantinya permanen kita buat untuk Wisata alam, karena itu kita sudah perintahkan Kepala Dinas membuat DEDnya. Agar bisa terencana dengan bagus sehingga setelah itu benar-benar menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi masyarakat,” ucap Bupati Sukiman.

Walaupun dilakukan pengembangan, H. Sukiman berharap, objek wisata Air Panas di Desa Air Panas tetap mengedepankan bentuk natural dari alam, tanpa mengubah wujud aslinya dan justru nantinya ditingkatkan. Bila sertifikatnya siap, nantinya akan menjadi aset Pemkab Rohul namun tetap dikelola pihak Desa.

Selain potensi alamnya yang masih asli dan asri, Bupati Sukiman mengaku Objek wisata Hutan Air Panas banyak dimanfaatkan pengunjung untuk terapi penyakit kulit, Sehingga perlu ditata kembali dengan baik agar objek wisata menjadi wisata alam produktif.

“Mewujudkan penataan objek wisata ini, seperti Kadis Parbud sebagai leading sektor, Dinas PUPR agar membangun sarana prasarana jalan, Kadis Kominfo sebagai pusat informasi kepada masyarakat, hal ini bertujuan dalam daerah kita,” harap Sukiman.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Air Panas Rahayu A.Md berterima kasih ke Bupati Rohul H. Sukiman, sudah menyempatkan meninjau wisata Hutan Air Panas. Dirinya menyambut baik rencana Pemkab melakukan pengembangan dan Penataan Objek Wisata Hutan Air Panas.