Perihal Sampah di Pasar Muara Rumbai, Bupati Rohul Intruksikan Kadis LH Cari Solusi

383

MUARARUMBAI – Bupati Rokan Hulu, H Sukiman intruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohul untuk mengatasi persoalan sampah Pasar Muara Rumbai yang meresahkan masyarakat di sekitar pasar.

Hal ini disampaikan Bupati saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Rambah Hilir dalam rangka menyerahkan BLT-DD dan Tibako Tahap II, bupati turut menyempatkan diri meninjau langsung lokasi sampah Pasar Muara Rumbai, Kecamatan Rambah Hilir, Rohul, Selasa (16/06/2020) .

Baca juga : http://riausmart.com/2019/07/15/mencemari-alam-sampah-pasar-muara-rumbai-di-buang-ke-sungai-batang-lubuh/

“Tadi sudah kita lihat kondisinya, pertama yang harus dibenahi masalah sampah. Tadi sudah saya instruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohul agar mengatasinya. Sampah harus dicarikan lokasinya yang jauh dari pemukiman warga untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” kata H. Sukiman,usai serahkan Sertifikat di Desa Rambah Muda, Selasa (16/06/2020) sore.

Bupati Sukiman juga nenyatakan, sudah memerintahkan Kadis LH untuk mengecek dan berkoordinasi dengan Kepala Desa agar sampah di Pasar Muara Rumbai bisa bersih sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat di sekitar pasar.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Rambah Hilir Romi Yuliandra SE mengaku, masalah sampah tersebut terkendala transportasi pengangkut sampah, sementara terkait lokasi lahan TPA sampah bisa di siapkan oleh Desa.

“Sampah kita terkendala tidak adanya pengangkutan transportasi, karena saat ini tidak memungkinkan gunakan gerobak dorong. Kita sudah minta itu minimal kendaraan roda 3 yang ada boxnya atau L300, namun belum ada. Sementara lokasi tanah bisa kita siapkan dari desa,” ucap Romi.

Sedangkan Normal, warga setempat mengatakan sampah dibuang ke Sungai Batang lubuh telah dilakukan sejak beberapa tahun dan hingga saat ini belum ada solusi.

” Sudah sejak beberapa tahun yang lalu, dan belum ada solusi,” kata Normal beberap waktu yang lalu.