Tahun Ajaran Baru 2020, Ibnu Ulya : Rokan Hulu Ikut Keputusan Bersama 3 Kementerian

298

PASIRPENGARAIAN – Virus Covid-19 yang menjadi bencana dunia saat ini mengakibatkan terhalangnya semua bentuk kegiatan masyarakat, termasuk sekolah yang diliburkan demi memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Namun, sebagian daerah yang dinyatakan masuk dalam zona hijau dapat beraktifitas dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah, termasuk dibuka kembalinya sekolah- sekolah.

Menghadapi tahun ajaran baru, pemerintah melalui keputusan bersama antara kementerian pendidikan dan kebudayaan, kementerian agama dan kementerian dalam negeri mengeluarkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19.

Dalam Panduan tersebut ada beberapa aturan yang harus di patuhi jika menghadapi tahun ajaran baru kali ini dan pembagian zona yang terdiri dari zona hijau, zona kuning, zona oranye dan zona merah.

Panduan tersebut tahun ajaran baru tetap dimulai juli 2020, dan untuk zona kuning, oranye dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan belajar dari rumah.

Untuk kabupaten Rokan Hulu sendiri dalam menghadapi tahun ajaran baru 2020 akan mengacu kepada surat edaran yang di keluarkan oleh pemerintah.

Melalui sambungan telpon Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu, Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si mengatakan ” Insya Allah kita akan mengikuti edaran tersebut.”

Terkait zona yang dimaksudkan oleh pemerintah, kabupaten Rokan Hulu masih menunggu keputusan dari pemerintah.

“Yang menentukan zonakan Pemerintah juga. pokoknya kita akan mengacu apa yang di perintahkan, nanti kita ikuti langkah-langkahnya,” jelasnya.

Selanjutnya Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu akan melayangkan surat pemberitahuan kesekolah, terkait surat edaran tersebut dan ini masih didiskusikan.

“Saat ini terkait surat edaran tersebut, akan kita kirimkan kesekolah-sekolah di kabupaten Rokan Hulu dan ini masih di diskusikan”. tuturnya.