BERBEDA, Lockdown Tidak Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Jumlah Ibu Hamil di Kabupaten Rokan Hulu

198

PASIRPENGARAIAN – Berbeda dengan daerah lain yang mengalami peningkatan jumlah ibu hamil setelah beberapa bulan menjalani Lockdown Pandemi Covid-19, nyatanya di Kabupaten Rokan Hulu tidak demikian.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Rokan Hulu, Drs H Sariaman M.Si saat menghadiri agenda peringatan Hari Keluarga Nasional ke-27  secara Video Converence (Vidcon) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Senin (29/06/2020).
Menurut H Sariaman, penerapan Lockdown dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 oleh Pemerintah, nyatanya tidak berpengaruh terhadap jumlah Kehamilan di Kabupaten Rokan Hulu.
Kata Suharman hal itu diakibatkan banyaknya masyarakat yang sudah menyadari tentang pentingnya mengikuti program Keluarga Berencana (KB).
“Karena kebutuhan KB sudah dari perseorangannya itu sendiri, seperti contoh, seseorang yang mengikuti program KB, maka ia akan berusaha atau mengupayakannya, tidak bisa mengunakan Spiral (IUD) atau suntik maka juga dapat dengan Pil,” imbuhnya.
Rencananya, dalam waktu dekat, DPPKB Rohul juga akan memberikan sebanyak 1148 alat kontrasepsi kepada masyarakat yang mengikuti Program KB di Masing-masing Kecamatan yang ada  di Kabupaten Rokan Hulu.