Patut Ditiru, Mahasiswa KKN Relawan Covid-19 UNRI di Kecamatan Rambah Semangat Mengabdi

PASIRPENGARAIAN – Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Relawan COVID-19 Universitas Riau (UNRI) berikan Sosialisasi, evaluasi dan penyemprotan desinfektan di Kecamatan Rambah bersama aparatur pemerintahan Desa setempat.(29/06/2020).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, turut serta Camat Rambah, Kepala Puskesmas, Kapolsek, Danramil dalam melakukan sosialisasi new normal dan evaluasi terkait kegiatan penanganan covid-19 sekaligus penyemprotan desinfektan di Tiga Desa, Kecamatan Rambah.

Kegiatan ini dilakukan di Desa Suka Maju Rabu (24/06/20), Desa Rambah Tengah Utara Kamis (25/06/20) dan di Desa Rambah Tengah Hilir Sabtu (27/06/20).

Sosialisasi new normal diberikan kepada masyarakat supaya tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengedukasi pentingnya gaya hidup sehat dalam beraktivitas. Evaluasi kegiatan juga dilakukan agar lebih tepat sasaran serta lebih baik lagi kedepan.Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah warga, jalan umum, Kantor Desa, Pasar, dll.

Syafri Maldi selaku Kepala Puskesmas mengungkapkan bahwa masyarakat harus terapkan protokol kesehatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Pertama wajib menggunakan masker keluar rumah, Kedua selalu mencuci tangan, ketiga Jika ada kegiatan yang perlu barulah keluar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan, ke empat Jaga jarak, karena virus tidak dapat diketahui siapa yang menderitanya/membawanya, ke lima Tidak melakukan kerumunan dan terakhir melakukan penyemprotan desinfektan”, tutur syafri.

Kata Syafri, Penularan Covid-19 sangat mudah terjadi di pasar karena pasar merupakan tempat yang banyak dikunjungi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan,dan juga pasar tempat kerumunan masyarakat. Pasar merupakan tempat umum yang dapat menunjang tingginya mata rantai penyebaran virus corona.

Sedangkan Arie Gunadi, Camat Rambah menuturkan dalam masa new normal bukan berarti semua nya normal.

“Dalam masa new normal bukan berarti semuanya sudah normal seperti biasanya, tetapi kita harus bersikap produktif, berusaha, beraktivitas dan beribadah dengan mengikuti protokoler kesehatan yang telah ditentukan”,tutup Camat Rambah.

Tim KKN relawan covid-19 Universitas Riau yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu, Roni Wahyudi (Penjaskesrek), Ade Fitri (Fisika), Subakti (Teknik Mesin), Mela Afrisa (Pendidikan Kimia), Muharramah Suwitri (PGSD), Anggi Kusumasari (Pendidikan Kimia), Sintya Dewi Puspita (Fisika), Sri Mulya Saputri (Akuntansi), Winda Muslimah (Akuntansi), Melati (Ilmu Administrasi Publik).

MSI