KKN UNRI Desa Bangun Jaya Buat dan Bagikan Hand-sanitizer GRATIS Kepada Masyarakat

52

PASIRPENGARAIAN – KKN Relawan Covid-19 Universitas Riau (UNRI) Desa Bangun Jaya Membuat dan Membagikan Handsanitizer dari Bahan Alami secara gratis Kepada Warga, Kamis (09/07/2020).

Kelompok KKN Relawan Covid-19 UNRI Desa Bangun Jaya, Kebupaten Rokan Hulu menciptakan inovasi pembuatan handsanitizer dari bahan alami yakni daun sirih dan jeruk nipis. Setelah membuat handsanitizer alami kemudian kelompok mahasiswa tersebut membagikannya kepada warga yang berdagang di sepanjang jalan sekaligus memberikan edukasi pencegahan covid-19.

Salah satu warga yang diberikan handsanitizer gratis merasa senang dan sangat berterimakasih.

“Alhamdulillah dapat handsanitizer gratis, soalnyakan sekarang handsanitizer harganya udah lebih mahal gara-gara covid-19. Ya, semoga aja covid-19 ini cepat hilang” Ujar salah seorang padagang.

Pengurus Desa Bangun Jaya sangat mengapresiasi inovasi dan kepedulian sosial yang dilakukan kelompok mahasiswa.

“Itu ide yang sangat bagus sekali. Silahkan saja dilakukan karena disini banyak sekali warga-warga yang belum paham dan sadar dengan penanganan covid-19” Ujar Bapak Ali selaku Sekdes Bangun Jaya usai kelompok mahasiswa Relawan menjelaskan program kerjanya.

Ketua KKN mengatakan bahwa handsanitizer terbuat dari bahan alami.

“Handsanitizer yang kami buat ini terbuat dari bahan alami yaitu jeruk nipis dan daun sirih. Keuntungan handsanitizer ini selain lebih hemat, handsanitizer ini juga tidak menyebabkan iritasi karena tidak ada kandungan alkohol” Ujar Retno Ayu Widyastuti, Ketua KKN Relawan Covid-19.

Selain membagikan handsanitizer alami, kelompok KKN Relawan Covid-19 Desa Bangun Jaya juga memberikan edukasi Langkah Pembuatan Handsanitizer Alami kepada ibu-ibu RW 05 Desa Bangun Jaya. Ibu-ibu RW setempat sangat senang dan antusias sekali menyimak langkah pembuatan handsanitizer alami.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ibu-ibu yang bertanya terkait dengan pembuatan handsanitizer alami.

“Iya bagus sekali inovasinya, bahannya mudah didapat dan hemat. Terimakasih sekali ya adek-adek, semoga penjelasannya tadi bermanfaat untuk kita semua” Ucap Ibu Atin, Ketua Perwiritan.

Diharapkan dengan adanya inovasi pembuatan handsanitizer alami ini masyarakat dapat membuat antiseptik sendiri di rumah dan menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari sehingga dapat mengurangi transmisi infeksi virus covid-19.

MSI