Rektor UPP “Melepas” 505 Mahasiswa KKN Angkatan IX 2020

PASIRPENGARAIAN – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPP menggelar Pembekalan dan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Angkatan IX melalui daring, Sabtu (13/07/2020).

Dalam Sambutannya, Rektor Universitas Pasir Pengaraian, Dr Adolf Bastian M.Pd mengatakan,

“Universitas Pasir Pengaraian merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, memiliki fungsi Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu di antaranya adalah Dharma Pengabdian kepada Masyarakat yang diwujudkan dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN),” katanya.

Dalam pernyataan rektor UPP tersebut, Kegiatan KKN di Universitas Pasir Pengaraian merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester akhir dalam setiap tahun akademik sebagai mata kuliah intrakurikuler.

“Ini sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Pasir Pengaraian menuju kampus Technopreneur tahun 2035,” tambahnya.

Adolf berharap, ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, seluruh elemen dari berbagai pihak yang berkompeten, untuk turut membantu pelaksanaan kegiatan KKN UPP, sehingga menjadi media pembelajaran praktis kepada para mahasiswa dengan tetap mematuhi Standar Kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Tentunya kita juga berharap agar KKN angkatan IX Tahun 2020 ini, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan penuh tanggung jawab dan menjaga kesehatan diri, mahasiswa, dan masyarakat,” tutup rektor UPP.

Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian yang akan melaksanakan KKN diharapkan menjadi contoh yang baik serta dapat menerapkan ilmu dan kemampuannya di daerah KKN masing-masing.

Ditempat yang berbeda, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPP, Dr. Dedi Mardiansyah, M.Si menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengikuti KKN angkatan IX sebanyak 505 Orang.

“Ada sebanyak 505 orang yang tersebar di 35 Kelompok Desa. 34 Kelompok berada di Kabupaten Rokan Hulu, dan 1 Kelompok di Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara,” jelasnya.

Dalam penjelasan Dr Dedi Mardiansyah, KKN angkatan IX, sedikit berbeda dengan KKN sebelumnya, hal ini dikarenakan KKN 2020 dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

“Diharapkan KKN 2020 ini tidak hanya menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, namun juga membantu Pemerintah Desa dalam upaya pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19,” jelasnya.