Peduli Kesehatan Ditengah Pandemi, Kukerta UNRI Cek Kesehatan Warga Secara “Door To Door”

PASIRPENGARAIAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kunkerta) Universitas Riau (UNRI) Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil, Bengkalis melaksanakan pemeriksaan kesehatan door to door (rumah ke rumah), Selasa (04/08/2020).

Sebelumnya, tim Kukerta melakukan kerjasama dengan pihak Puskesmas Desa Lubuk Muda, kemudian pihak Puskesmas memilih Dusun Sungai Bengkuang untuk dilakukan pendataan menggunakan kuisioner keluarga sehat, hal ini karena dusun ini dinilai masih sulit untuk menjangkau fasilitas kesehatan umum.

Kegiatan dimulai dengan bersilaturahmi dengan Kepala Dusun Sungai Bengkuang, setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah (tensi) dan pendataan kesehatan masyarakat setempat.

Proses pendataan  dilakukan dengan cara mengisi kuisioner yang telah disediakan oleh pihak Puskesmas.

Selain itu, juga dilakukan pembagian masker gratis, agar masyarakat lebih peduli akan pentingnya memakai masker di tengah Pandemi Covid-19.

Ketua pelaksana, Hukmul Fikri menerangkan, kegiatan ini bertujuan mendata tingkat kesehatan masyarakat Dusun Sungai Bengkuang, sehingga pihak Puskesmas bisa mengevaluasi dan menentukan langkah kedepannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan,” tutup Fikri